30 November 2019, 19:54 WIB

Penyerang London Bridge Baru Bebas Tahun Lalu


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Niklas HALLE'N / AFP
 Niklas HALLE'N / AFP
Petugas forensi tengah memeriksa tempat kejadian perkara penusukan di London Bridge, Inggris.

PRIA yang melakukan serangan penikaman pada Jumat (28/11) lalu di London Bridge adalah seorang mantan tahanan yang dihukum karena pelanggaran atau delik terorisme.

Penyerang, yang identitasnya disebut oleh polisi sebagai Usman Khan, 28, dibebaskan dari penjara dengan izin dan jaminan pada saat serangan itu, yang mengakibatkan seorang pria dan seorang perempuan tewas dan tiga lainnya terluka.

Khan ditembak mati oleh petugas setelah anggota masyarakat menahannya. Polisi menyatakan serangan itu sebagai insiden teroris.

Khan diketahui oleh pihak berwenang, telah dihukum karena pelanggaran terorisme pada 2012, menurut Asisten Komisaris Polisi Metropolitan Neil Basu.

"Dia dibebaskan dari penjara pada Desember 2018 atas izin dan dengan jelas, garis utama penyelidikan sekarang adalah untuk menetapkan bagaimana dia melakukan serangan ini," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

The Times melaporkan pembebasan Khan dari penjara tahun lalu datang setelah dia setuju untuk mengenakan tanda elektronik dan mengawasi pergerakannya.

Baca juga: Pelaku Penusukan London Mantan Napi Teroris

Dewan Pembebasan Bersyarat mengatakan tidak terlibat dalam pembebasan Khan, dengan mengatakan dia tampaknya telah dibebaskan secara otomatis dengan lisensi (seperti yang dipersyaratkan oleh hukum).

Petugas sedang melakukan penggeledahan di sebuah alamat di Staffordshire, tempat Khan tinggal.

"Sementara kami masih dalam tahap awal penyelidikan, saat ini kami tidak secara aktif mencari orang lain sehubungan dengan serangan itu," kata Basu.

"Namun, kami terus melakukan penyelidikan dengan cepat untuk memastikan tidak ada orang lain yang terlibat dalam serangan ini dan tidak ada ancaman luar biasa bagi public," terangnya.

Serangan itu terjadi Jumat di Fishmongers' Hall, di ujung utara London Bridge, tempat sebuah konferensi Universitas Cambridge mengenai rehabilitasi tahanan--yang disebut Learning Together--sedang berlangsung.

Tersangka menghadiri acara tersebut, tempat lusinan orang--termasuk mahasiswa dan mantan tahanan--hadir.

Basu mengatakan serangan itu sejauh ini diketahui telah dimulai di dalam gedung sebelum melanjutkan ke London Bridge, tempat Khan ditembak oleh petugas bersenjata. (BBC/OL-4)

BERITA TERKAIT