30 November 2019, 18:36 WIB

DPR Tagih Penjelasan Rencana Pemangkasan Eselon ke Kemenpan RB


M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

MI/Rommy Pujianto
 MI/Rommy Pujianto
Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera

KOMISI II DPR RI menyatakan dukungannya terhadap recana pemerintah untuk memangkas birokrasi dengan menghilangkan sejumlah jabatan eselon III dan IV.

Namun, anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menegaskan, pihaknya membutuhkan konsep yang jelas dari pemerintah agar tidak membingungkan masyarakat.

"Dukung pelaksanaan reformasi birokrasi. Tapi mesti dijelaskan grand design reformasi birokrasi dulu. Bahwa konsekuensinya ada pemangkasan eselon mesti dilihat per unit kerja," kata Mardani saat dihubungi, Sabtu (30/11).

Menurutnya pemangkasan eselon sendiri tidak bisa disama-ratakan di semua Kementerian/Lembaga karena beberapa bidang harus dikerjakan dengan sumber daya manusia.

Baca juga : ASN di Bagian Keuangan tidak Kena Pemangkasan Eselon

"Mesti dilaksanakan secara menyeluruh. Ada yang tidak bisa digantikan dengan robot. Tapi unit pendaftaran dan pelayanan dokumen bisa diberikan," ujarnya.

Beberapa jabatan eselon III dan IV yang tidak bisa serta-merta dihapuskan, menurut Mardani, ialah jabatan yang berkaitan dengan kepala kantor atay berhubungan dengan pengelolaan keuangan lembaga.

Meski demikian, jabatan fungsional dinilai akan lebih baik dibandingkan dengan jabatan struktural. Karena jabatan fungsional akan berbasis pada skill dan profesional.

"Jika dijalankan reformasi birokrasi secara utuh akan dijelaskan bahwa fungsional justru lebih baik dibandingkan struktural. Mestinya fungsional yang berbasis skill dan profesional lebih banyak dan lebih diminati dibandingkan jabatan struktural," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT