30 November 2019, 10:15 WIB

Syaiful Bakhri: Penguat Karakter Anak Didik


Bay/H-1 | Hiburan

MI/BARRY F
 MI/BARRY F
Syaiful Bakhri

HARI Guru Nasional yang diperingati setiap tahun bisa dijadikan refleksi tentang pentingnya peran guru dalam mendidik anak bangsa dan generasi penerus. Bagi Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof Dr Syaiful Bakhri, 57, guru merupakan tonggak penguatan karakter anak didik.

"Bertahun-tahun kita memperingati Hari Guru yang merupakan pengingat amat pentingnya guru berkontribusi mencetak sumber daya manusia yang unggul sekaligus tonggak penguatan anak didik kita," kata Syaiful Bakhri, yang juga pernah bertugas mengajar sebagai guru semasa kuliah di UMJ.

Guru Besar Ilmu Hukum UMJ yang kini telah meluncurkan 31 buku ini mengakui tugas dan peran guru lebih berat karena membina anak didik sejak jenjang pendidikan dasar hingga menengah dengan penuh dinamikanya.

"Kendati berat, tugas guru amat mulia karena membentuk karakter siswa-siswa kita. Gurulah yang membentuk moral anak didik hingga remaja menuju gerbang kuliah di kampus-kampus sehingga kelak mencetak kalangan terdidik yang menjadi profesional, entrepreneur, serta pengambil keputusan," paparnya.

Dikatakan UMJ juga memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan yang mencetak calon guru. Dari 24 ribu mahasiswa UMJ yang tersebar di 10 Fakultas, menurutnya UMJ turut berkontribusi mecetak SDM unggul ada yang menjadi guru, dan profesi lainnya yang turut berkiprah menuju Indonesia Berkemajuan. (Bay/H-1)

BERITA TERKAIT