30 November 2019, 10:00 WIB

Bolsonaro Tuding DiCaprio Dalang Kebakaran Amazon


Antara | Internasional

AFP/Angela Weiss
 AFP/Angela Weiss
Leonardo Dicaprio

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro menyatakan bahwa aktor Hollywood Leonardo DiCaprio membayar untuk membakar hutan Amazon yang dirancang. Namun, pemimpin sayap kanan itu tidak menyertakan bukti apa pun dalam tudingan tersebut.

Bolsonaro melontarkan tudingan itu mengomentari unggahan-unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan yang disediakan Dana Margasatwa Dunia (World Wildlife Fund/WWF) membayar gambar yang diambil relawan petugas pemadam kebakaran yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan US$500 ribu dari DiCaprio.    

WWF membantah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.    

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro dalam sambutan singkatnya di depan kediaman presiden.    

Baca juga: Aksi Penusukan di Den Haag, Tiga Remaja Terluka

Perwakilan DiCaprio tidak segera menanggapi permintaan komentar.    

DiCaprio telah menjadi penyeru yang lantang untuk memerangi perubahan iklim, sering mencicit di Twitter tentang masalah lingkungan, termasuk kebakaran hutan Amazon.

Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya, yang berfokus pada proyek-proyek yang melindungi satwa liar yang rentan dari kepunahan adalah bagian dari Aliansi Bumi (Earth Alliance).   

Empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do Ch'o Pemadam Kebakaran ditangkap pada Selasa dengan polisi menuduh mereka sengaja membakar untuk mendokumentasikan kebakaran serta mengumpulkan lebih banyak sumbangan. Mereka dibebaskan pada Kamis (28/11) atas perintah hakim.    

Politisi dan LSM lainnya dengan keras mengkritik penangkapan itu, mengatakan tindakan tersebut adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan.    

Bolsonaro telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.    

Dalam unggahan langsung Facebook pada 21 Agustus, dia mengatakan, "Semuanya menunjukkan bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk membakar hutan." (OL-2)

BERITA TERKAIT