30 November 2019, 00:22 WIB

Confidence dan IDI Kampanyekan Jaga Kebersihan Hidup Lansia


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Confidence
 Dok. Confidence
Produk baru Confidence Day & Night

KALANGAN lanjut usia (Lansia) dinilai rentan mengalami masalah kesehatan kronis, disabilitas, dna juga kesehatan mental. Masalah umum yang sering terjadi pada lansia adalah inkontinensia urine atau ketidakmampuan menahan urine sehingga sering mengompol.

Melihat fakta itu, produsen produk perawatan dewasa, Confidence dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar program kampanye pentingnya menjaga kebersihan hidup lansia.

Diprediksi, pada 2025 mendatang, populasi masyarakat di atas usia 60 tahun akan mencapai lebih dari 1,2 miliar jiwa dan akan terus meningkat hingga 2 miliar pada 2050. Sekitar 75% diantaranya berada di negara berkembang dengan beban masalah kesehatan yang kompleks.

Head of Marketing Confidence Adult Care Nirma Sofiawati mengatakan, pihaknya merasa perlu melakukan kampanye terhadap keluarga maupun perawat untuk menjaga kerbersihan lansia Indonesia dengan cara rutin mengganti popok mereka dengan tepat waktu atau sesuai kebutuhan di siang dan malam hari.

“Dengan mengganti popok dewasa secara rutin dan teratur dalam sehari, akan menjaga kesehatan fisik lansia dan menghindari kemungkinan terkena iritasi. Peran keluarga menjadi faktor yang sangat penting untuk dapat menjaga kebersihan lansia,” ujar Nirma Sofiawati dalam keterangan persnya, Jumat (29/11).

Baca juga : Asia Jadi Kawasan dengan Tingkat Penuaan Dini Tercepat di Dunia

Nirma menambahkan, kampenya untuk menjaga kebersihan hidup lansia dengan rutin mengganti popok ini dilakukan bertepatan dengan peluncuran produk baru Confidence, yaitu Confidence Day & Night dengan konsep Popok Perekat khusus untuk siang dan malam, sehingga pengguna nyaman 24 jam.

“Kerja sama yang kami lakukan bersama Ikatan Dokter Indonesia ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya caregiver/perawat untuk mulai menjaga kesehatan dan kebersihan lansia dengan mengganti popok secara rutin,” papar Nirma.

Nirma menjelaskan, konsep ganti popok secara rutin ini diperlihatkan melalui komunikasi produk, Confidence Day & Night dengan mengganti popok dewasa minimal 3 kali dalam sehari, yaitu 2 di siang hari dan 1 di malam hari.

“Selain itu, jenis dan kualitas popok dewasa pun perlu diperhatikan. Berdasarkan riset pasar dan insight yang kami dapatkan, bahwa sesungguhnya aktivitas lansia di siang dan malam hari itu berbeda, begitu juga kebutuhannya.,” ujarnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih menjelaskan, sangat mudah untuk menjaga kebersihan lansia yang dapat menghasilkan peningkatan kualitas hidup lansia, yaitu hanya membutuhkan komitmen yang teguh dari pendamping untuk memberikan perhatian maksimal seharian.

Baca juga : Masih Banyak Lansia Alami Malnutrisi di Indonesia

“Dari tahun 2015-2020, populasi masyarakat dengan usia di atas 60 tahun akan meningkat 2 kali lipat dari 12% menjadi 22% dan sebagian besar ada di negara berkembang, seperti Indonesia. Tapi sayangnya masih sedikit sekali lansia yang memiliki tingkat kesehatan yang baik. Berbagai negara masih terus bergulat untuk mengusahakan kesehatan yang baik untuk populasi lansia,” urainya.

Untuk itu, IDI menurutnya ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat mengenai pentingnya menjadi lansia yang sehat, secara fisik dan mental, salah satunya dengan memelihara kesehatan dan kebersihan fisik lansia, termasuk pada mereka yang telah memiliki gangguan kesehatan.  

“Dengan menjaga kebersihan maka lansia dengan inkontinensia urin dapat terhindar dari stres dan depresi, komplikasi pada kulit, atau perasaan tidak berdaya dan terkucil.” katanya. (OL-7)

BERITA TERKAIT