30 November 2019, 06:00 WIB

Arsenal Mencari Nakhoda Baru


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Filippo MONTEFORTE / AFP
 Filippo MONTEFORTE / AFP
Pemain belakang Lazio, Denis Vavro (kiri), berusaha menghalau bola yang coba dikuasai pemain CFR Cluj, Billel Omrani.

KEGAGALAN Unai Emery membawa Arsenal meraih kemenangan di tujuh laga terakhir membuat Josh Kroenke, pemilik klub Liga Primer itu, habis ­kesabaran. Pengusaha asal Amerika Serikat tersebut memutuskan mengakhiri kerja sama dengan Emery alias memecat pelatih asal Spanyol tersebut.

“Terima kasih atas segala yang telah dilakukan Emery untuk Arsenal. Namun, dengan hasil buruk yang didapat, kami terpaksa mengakhiri kerja sama,” ungkap Kroenke dalam pernyataannya.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Emery, ­‘Meriam London’, julukan Arsenal, menunjuk mantan bintang klub itu yang merupakan asisten Emery, Freddie Ljungberg. Mantan pemain timnas Swedia itu akan melakoni laga perdana saat Arsenal menghadapi Norwich City, besok
“Kami telah meminta Ljungberg mengambil tanggung jawab sebagai pelatih interim. Kami menaruh keyakinan penuh ia akan membawa kami maju,” jelas Arsenal.

Emery, yang telah ­me­nangani Arsenal selama 18 bulan, ­dipecat setelah tim asuhannya kalah 1-2 dari Eintracht Frankfurt dalam lanjutan ­penyisihan Grup F Liga Europa, kemarin dini hari. Meski kalah, ­Arsenal tetap lolos ke babak ­selanjutnya.

Emery yang menggantikan Arsene Wenger pada Mei 2018 memang belum memberikan prestasi yang membanggakan. Di musim pertamanya, Emery sukses membawa Arsenal ke final Liga Europa, tapi kalah dari Chelsea.

Di Liga Primer musim ini, Emery gagal membawa Arsenal meraih hasil memuaskan, yakni baru 4 kali menang dari 13 laga. Emery juga disebut memiliki hubungan yang tidak harmonis di ruang ganti dengan bintang Arsenal.
 
Ambisi City

Dalam lanjutan Liga Primer, Manchester City akan melawat ke St James Park menghadapi Newcastle United. Tiga poin jadi bidikan City untuk bisa menjaga jarak dengan Liverpool di klasemen. Tertinggal 9 poin dari Liverpool yang nyaman di posisi puncak, City harus memastikan poin penuh di setiap laga untuk menjaga asa meraih gelar juara sambil berharap the Reds tergelincir.

Namun, upaya City untuk mempertahankan mahkota juara sedikit terganggu dengan cederanya Sergio ­Aguero. ­Striker asal Argentina itu ­cedera paha saat melawan Chelsea pekan lalu dan harus menepi beberapa pekan.

Liverpool pekan ini sepertinya tidak akan sulit meraih kemenangan saat menjamu Brighton Hove Albion. Di atas kertas, ‘si Merah’ tidak akan sulit meraih kemenangan ke-12.

Namun, padatnya ­jadwal yang harus dilakoni pada Desember membuat pelatih ­Jurgen Klopp mungkin tak akan menurunkan skuad ­utama saat melawan Brighton.  

Sepekan setelah melawan ­Brighton, Mohamed Salah dan kolega akan bermain delapan pertandingan pada Desember di tiga ajang berbeda, yaitu Liga Primer Inggris, Piala Dunia Antarklub di Qatar, serta Liga Champions.

“Kelelahan ada di depan mata, tetapi sejauh kami dapat kembali bugar. Saya pikir tidak akan sulit tampil di setiap  pertandingan,” kata bintang Liverpool, Sadio Mane. (AFP/guardian/R-1)

BERITA TERKAIT