28 November 2019, 22:55 WIB

Wapres Minta Perusahaan E-Commerce Bantu dan Dorong UMKM


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Wakil Presiden (Wapres) Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin menerima perwakilan perusahaan e-commerce Shopee.

PERUSAHAAN e-commerce Shopee terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, diminta untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin saat menerima Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (28/11).

“Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia." kata KH.Ma'ruf Amin.

"Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.” papar Wapres.

Dalam pertemuan dengan Wapres, Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, mengatakan pihaknya siap melakukan berbagai inovasi yang diberikan di antaranya adalah untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini.  

Kepada Wapres KH Ma'ruf Amin, Handika menjelaskan Shopee telah menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan tahun 2020. Salah satunya adalah keikutsertaan Shopee dalam meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren.

"Mengambil bagian dalam implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia," papar Handika.

Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

"Untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce," tutur Handika.

Shopee juga turut melaporkan progres program ekspor Kreasi Nusantara 'Dari Lokal untuk Global' ke Malaysia dan Singapura yang telah diluncurkan pada awal tahun ini. Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya.

Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi tiga kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT