29 November 2019, 20:50 WIB

Kapolda Kaltim Kukuhkan Polres Balikpapan Jadi Polresta


Rudi Agung | Nusantara

MI/Rudi Agung
 MI/Rudi Agung
Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono bersama unsur Forkopimda saat mengukuhkan Polresta Balikpapan, Jumat (29/11).

KEPOLISIAN Resor Balikpapan secara resmi dikukuhkan menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan. Ada 14 polres se-Indonesia yang mengalami peningkatan tipe menjadi polresta. Salah satunya, Balikpapan.

Peningkatan status ini dilakukan di laman Mapolresta Balikpapan oleh Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono, Jumat (29/11). Peresmian itu bersamaan dengan serah terima jabatan Kapolres Balikpapan dari Ajun Komisaris Besar Pol Wiwin Firta kepada AKBP Turmudi.

Kapolda Kaltim, Inspektur Jenderal Pol Muktiono, mengatakan, sudah sepatutnya kenaikan status ini dilakukan. Alasannya, jumlah penduduk Balikpapan yang terus meningkat membuat pelayanan harus pula digenjot. Terlebih, Balikpapan perlu mempersiapkan diri sebagai kota penyangga ibu kota baru.

"Ini adalah hal yang sangat menggembirakan bagi kami Polda Kalimantan Timur," papar Irjen Muktiono.

Ia mengatakan, peresmian ini menegaskan bertambahnya jumlah Polresta di Kaltim. Yakni, Samarinda dan Balikpapan. Dengan bertambahnya satu Polresta di Kaltim, Muktiono berharap bertambah pula dukungan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat di Balikpapan.

"Kita akan bersama-sama bersinergi,â" ujar Kapolda.

Jenderal bintang dua ini menekankan, etos kerja personel di Polresta Balikpapan diharapkan terus ditingkatkan untuk melayani masyarakat. Jangan sampai dengan naik tipe, etos kerjanya menurun.


Baca juga: 707 Nelayan Bengkulu Dapat Jaminan Asuransi


Peningkatan tipe ini, sambung Kapolda, juga tak lepas dari peran Pemkot Balikpapan yang sudah membangun komunikasi baik dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Ini peristiwa bersejarah bagi Polri khususnya Polda Kaltim," tuturnya.

Terkait bangunan fisik yang masih dalam proses pembangunan, Kapolda Muktiono menargetkan pada 2020 seluruh bangunan Mapolresta telah berubah.

"Saat ini pembangunan terus dikerjakan. Insya Allah tahun depan sudah bisa digunakan," jelasnya.

Selain pembenahan fisik kantor, sambung Kapolda, nantinya dilakukan pula penambahan jumlah personel dan polsek.

"Penambahan personel sudah pasti nanti dilakukan. Termasuk penambahan kantor Polsek baru, yaitu Polsek Balikpapan Tengah dan Polsek Balikpapan Kota," jelasnya.

Menurutnya, segala komponen kelengkapan sarana prasarana secara bertahap akan terus dilakukan.

Dalam peresmian itu hadir bersama Kapolda, Wakapolda Kaltim Brigadir Jenderal Pol Eddy Sumitro, jajaran pejabat utama Polda Kaltim, jajaran Polresta Balikpapan, dan unsur Forkopimda Balikpapan. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT