29 November 2019, 18:50 WIB

Indonesia Akan Tunjukkan Keberagaman saat Pembukaan SEA Games


Budi Ernanto | Olahraga

 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
  ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (tengah) berfoto bersama kontingen Indonesia saat pelepasan atlet untuk SEA Games 2019

KOMANDAN kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara mengatakan ada 200-300 atlet dan ofisial merah putih yang akan mengikuti acara upacara pembukaan SEA Games 2019 yang akan digelar Sabtu (30/11) di Philippine Arena, Bulacan. Harry mengatakan sebagian dari kontingen Indonesia akan mengenakan pakaian daerah.

"Kita ingin tunjukkan bhinneka tunggal ika melalui pakaian adat. Nah, untuk atlet dan ofisial Indonesia lainnya pakai seragam," kata Harry kepada Media Indonesia, Jumat (29/11).

Harry menambahkan dirinya telah meminta kepada para atlet yang akan bertanding sehari setelah upacara pembukaan untuk tidak datang ke Philippine Arena. Jika mau datang pun diimbau agar tidak ikut parade. "Ikut parade pasti lelah dan waktunya lama, jangan sampai mengganggu dia kesiapan bertanding," kata Harry.

Baca juga: Pembukaan SEA Games 2019 Terancam Badai

Sementara siapa yang bertugas untuk menjadi pembawa bendera, ialah Ridjkie Mulia yang merupakan atlet polo air. Dia disebutkan Harry tidak akan mengenakan pakaian adat. Tapi, Harry berniat untuk memintanya mengenakan pakaian adat asal Papua.

Adapun upacara pembukaan SEA Games akan berlangsung di Philippine Arena yang merupakan stadion indoor terbesar di dunia yang memiliki kapasitas sekitar 50 ribu penonton. Rencananya acara itu akan dibuka oleh Presiden Rodrigo Duterte. Atler senam Filipina Carlos Yulo disebutkan bakal jadi pembawa obor. (OL-4)

BERITA TERKAIT