29 November 2019, 18:10 WIB

Minibus Ditabrak Kereta Api di Tegal


Supardji Rasban | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi

SEBUAH mobil minibus tertabrak kereta api (KA) Joglosemarkerto di perlintasan pintu Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, Jumat (29/11) pagi.
    
Kecelakaan diduga terjadi akibat matinya alat komunikasi pos perlintasan KA yang dijaga petugas Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.
Beruntung  sopir dan dua penumpang mobil selamat hanya mobil yang ringsek bagian depannya.
     
Mobil sedan Toyota Agya G 8735 NP yang dikemudikan Catur Tugroho, 35, warga Panggung Kota Tegal itu tertabrak KA Joglosemarkerto tujuan Purwokerto-Tegal-Semarang. Di dalam mobil selain catur ada istri dan anaknya.

"Saya dari arah selatan saat hendak melintasi rel kereta tiba-tiba dari arah barat muncul kereta api Jogosemarkerto. Saya panik mendengar
suara klakson kereta api dan berusaha memundurkan mobil tapi sudah terpergok sehingga mobil keserempet bagian depannya," tutur Catur.

Catur menyayangkan saat KA hendak melintas palang pintunya tidak menutup. "Sirine di perlintasan kereta api juga tidak berbunyi jadi saya mencoba terus melintas," terangnya.
    
Petugas perlintasan pintu KA Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal Joko Riyanto, mengaku ia tidak mendengar panggilan dari alat komunikasi di pos sebelumnya sehingga ia dan temannya tidak menutup palang pintu.

"Alat komunikasi HT mati jadi saya dan teman-teman tidak tahu kalau ada kereta api mau lewat. Alat komunikasi di sini kadang sering mati
mendadak terus normal lagi," ucap Joko.

Untungnya saat kejadian hanya satu mobil yang hendak melintasi perlintasan KA. Para pengguna jalan berharap pemerintah Kota Tegal lebih memperhatikan peralatan komunikasi di pos perlintasan KA agar tidak mati mendadak. (OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT