29 November 2019, 08:43 WIB

Garuda Muda Menatap Semifinal


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
 ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Singapura

TIMNAS U-22 Indonesia sukses mengalahkan Singapura dengan skor 2-0 pada laga lanjutan cabang sepak bola SEA Games 2019 Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, tadi malam (Kamis, 28/11/2019).

Dalam menghadapi Singapura, pelatih timnas U-22 Indra Sjafri tak mengubah komposisi pemain saat mengalahkan Thailand pada Selasa (26/11). Indra mencoba mempertahankan winning team untuk mengalahkan Singapura.

Namun, hingga paruh pertama berakhir, ‘Garuda Muda’ kesulitan menembus pertahanan Singapura. Trio lini tengah Evan Dimas, ­Zulfiandi, dan Syahrian Abimanyu tidak mampu memasok bola ke penyerang Muhammad Rafli.

“Babak pertama, plan tidak berjalan. Kami lakukan evaluasi dan beberapa pergantian,” ungkap Indra seusai pertandingan.

Di babak kedua ‘Garuda Muda’ bermain lebih agresif. Gol yang ditunggu akhirnya datang. Osvaldo Haay berhasil memecah kebuntuan di menit ke-64. Setelah mendapat umpan lambung, Osvaldo berhasil meloloskan diri dari kawalan dan melepaskan sepakan yang gagal ditepis kiper Muhammad Zharfan.

Sepuluh menit berselang, ‘Garuda Muda’ berhasil menggandakan keunggulan melaui sontekan Asnawi Mangkualam yang memanfaatkan umpan Osvaldo Haay.

“Dua gol terjadi karena memang kecepatan-kecepatan para pemain kita yang membuat kontribusi untuk gol itu,” ungkap Indra.

Sementara itu, pelatih Singapura Fandi Ahmad mengakui keunggulan tim asuhan Indra Sjafri.

“Dari segi permainan, saya rasa Indonesia punya kecepatan, disiplin, taktik lebih baik. Mereka mampu bermain dengan technical, tactical ability yang bagus. Itu kelebihan mereka. Saya rasa mereka masuk final,” ungkap eks pelatih Pelita Jaya itu.

Kemenangan membuat kans timnas U-22 Indonesia lolos ke semifinal kian terbuka lebar. ‘Garuda Muda’ berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 6 poin, kalah selisih gol dari Vietnam yang berada di puncak klasemen.

Selanjutnya Indonesia akan bertemu Vietnam pada Minggu (1/12) pukul 19.00 WIB. (Faj/X-10)

BERITA TERKAIT