29 November 2019, 07:30 WIB

Ternyata, Pemegang Visa Schengen Bisa Masuk Lewat Negara Mana Pun


Marcheilla Ariesta | Internasional

AFP/Omer Messinger
 AFP/Omer Messinger
Seorang demonstran mengenakan kaos bertuliskan 'I love Schengen' menjelang pemilu Eropa di Berlin, awal tahun ini.

WARGA Negara Indonesia (WNI) yang memegang visa Schengen rupanya boleh masuk dari wilayah mana saja. Ini berarti para pemegang visa tidak perlu masuk ke wilayah Eropa dari negara tempat dia mengajukan visa Schengen.

Hal itu disampaikan Wakil Delegasi Uni Eropa untuk RI, Charles-Michel Geurts di Safe Travel Fest, Kota Kasablanka, Kamis (28/11).

Pernyataan diplomat berkewarganegaraan Belgia tersebut menjadi klarifikasi atas informasi salah yang berkembang di komunitas traveler mengenai visa Schengen.

"Tetapi otoritas imigrasi negara Uni Eropa memiliki hak menanyakan hal-hal yang diperlukan apabila melihat kejanggalan tertentu," kata Geurts.

Baca juga: Konservatif Diprediksi Menangi Pemilu

Selain itu, Geurts juga mengklarifikasi bahwa Italia sudah tidak lagi mewajibkan vaksinasi polio bagi pelancong yang memasuki negara tersebut.

Dalam kegiatan ini juga dia berbagi tips serta aturan yang harus dipatuhi di Uni Eropa.

Safe Travel Fest merupakan acara yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI untuk mengampanyekan perjalanan luar negeri yang aman dan nyaman. Acara itu berlangsung di Food Society Kota Kasablanka Jakarta mulai Rabu (27/11) hingga Minggu (1/12). (OL-2)

BERITA TERKAIT