28 November 2019, 23:31 WIB

Joan Tomas Beri Kado Manis untuk Persija Jakarta


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Pemain Persija Joan Tomas Campasol merayakan golnya ke gawang Persipura

PERSIJA Jakarta yang tengah merayakan hari jadinya ke-91 mendapatkan kado manis dengan mengalahkan Persipura Jayapura 1-0.di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, kamis (28/11). Gelandang Joan Tomas sukses mencetak satu-satunya gol untuk Persija di menit ke-74.

Ricko Simanjuntak dkk. tampil agresif di hari ulang tahunnya. Tim tuan rumah langsung tancap gas di awal babak pertama.

Kesempatan apik diraih striker andalan Marko Simic yang menyundul ke gawang yang dijaga Dede Sulaiman. Namun sundulannya masih menyamping.

Aksi solo-run Riko Simanjuntak di menit ke-28, hingga ke dalam kotak penalti sanggup merepotkan lini pertahanan Persipura.

Riko mengirimkan umpan terukur pada Simic, tapi bola harus terlepas dan Persipura dengan sigap membuang bola.

Baca juga : Semen Padang Tahan Imbang Bajul Ijo di Batakan

Riko kembali tak memberi nafas bagi pertahanan Persipura. Pemain berkostum 25 itu nyaris mencetak gol melalui tendangan lob di menit 42. Tetapi bola masih berada di atas mistar gawang lawan.

Hingga babak pertama usai, skor sementara masih sama kuat 0-0.

Di babak kedua, Persipura coba bermain lebih menyerang dengan mengandalkan Boaz Solossa di lini depan. Namun, Persija mencoba mengambil-alih permainan dengan mengontrol bola dari lini pertahanan.

Tak cukup sampai di situ, tendangan keras Simic di menit-58 nyaris menjadi gol pertama bagi Persija.

Boaz mencoba membalas dengan tendangan kerasnya yang masih menyamping di kiri gawang Andritany.

Umpan manis Riko masih belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Rohit Chand di menit-61. Tendangannya di dalam kotak penalti masih melambung jauh.

Persija tanpa ampun terus menekan lini pertahanan Persipura. Akhirnya, gol yang di nanti Macan Kemayoran datang juga.

Berawal dari sundulan Simic ke sisi kiri gawang Persipura, tendangan first time Joan Tomas mampu melesat tajam ke gawang Dede di menit ke 74'.

Persipura pun terus berusaha mencetak gol balasan dengan menggempur lini pertahanan Persija yang digalang Tony Sucipto dkk.

Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, Persija sanggup menjaga keunggulan 1-0 atas Persipura.

Pelatih Persija, Edson Tavares mengatakan, meski banyak orang yang bilang timnya menang beruntung, tapi ia tak memersalahkan itu.

Karena yang terpenting ialah hasil akhir dan mengamankan Persija di klasemen.

Baca juga : Satgas Antimafia Tangkap 6 Orang Diduga Atur Laga Liga 3

"Kami punya kesempatan sebelas kali tapi hanya mencetak gol itu bukan masalah. Yang penting kami raih tiga poin dan terus menyiapkan diri untuk laga berikutnya," ujar Tavares.

Pemain muda potensial Persija, Resky Fandi Wirawan, mengatakan bahwa kemenangan ini didekasikan khusus Persija yang tengah berulang tahun.

Sementara itu, pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, tetap bangga dengan aksi pemainnya di lapangan.

"Saya puas dengan pemain di lapangan. Sialnya di menit 70-an sebuah gol lawan lahir karena pemain kita kehilangan konsentrasi," ucap Jackson.

Dengan kemenangan ini, Persija naik dua peringkat dari 13 ke-11 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 38 poin. Sementara Persipura masih bertahan di posisi ketiga dengan raihan 44 poin. (OL-7)

BERITA TERKAIT