28 November 2019, 23:23 WIB

Polisi Tegaskan Larang Perayaan HUT Papua


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KEPALA Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra menegaskan bahwa tidak ada perayaan terkait HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Minggu (1/12) mendatang.

"Seperti yang disampaikan Kapolda Papua [Irjen Pol Paulus Waterpauw] beliau menegaskan bahwa tanggal 1 Desember tidak ada perayaan-perayaan. Sudah ditegaskan oleh beliau," kata Asep di Mabes Polri, Kamis (28/11).

Sementara itu, Asep menyebut menjelang HUT OPM, situasi di Papua dalam keadaan kodusif. Baik Polri maupun TNI saling bertandengan tangan demi mengantisipasi dinamika di sana.

"Jadi secara keseluruhan semua hal-hal yang sudah diperhitungkan dan dianalisis semua dalam lingkup prediksi kita. Dan antisipasi-antisipasi juga akan kita lakukan," terang Asep.

Baca juga : Pengamat: Papua Harus Merdeka dari Kemiskinan

Walakin, Asep menyebut bahwa masih ada ajakan-ajakan untuk merayakan kegiatan tersebut. Namun, pihak kepolisian terus memantau melalui patroli siber.

"Kita monitor berdasarkan patroli siber memang ada ajakan-ajakan, tetapi sekali lagi polisi memberikan imbauan-imbauan, apabila dilaksanakan, tentunya harus menghormati dari berbagai nilai," ujarnya.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Selasa (27/11).

Namun, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono enggan menyebut kaitan kunjungan tersebut dalam rangka HUT OPM. (OL-7)

BERITA TERKAIT