28 November 2019, 19:24 WIB

Paintless Dent Removal Jadi Solusi Bagi Pemilik Kendaraan


Mediaindonesia.com | Otomotif

Istimewa
 Istimewa
penyok kecil di bodi kendaraan sebaiknya segera diantisipasi dengan teknik paintless dent removal (PDR).

UMUMNYA pengendara mobil jarang memperhatikan hal-hal sepele selama di jalan, seperti lontaran batu-batu kecil maupun benda asing lain yang dapat merusak bodi kendaraan. Terlebih di malam hari saat jalanan gelap.

Jika kerusakan kecil dibiarkan terus-menerus, hal itu dapat menyebabkan kerusakan semakin besar dan berdampak pada biaya perbaikan yang semakin tinggi. Pemilik mobil tentunya harus melakukan pengecatan ulang hingga perbaikan lainnya yang akan memakan waktu serta biaya ekstra.

Baca juga: Mitsubishi Peringkat Pertama Kepuasan Penjualan dan Layanan

Oleh karena itu, penyok kecil di bodi kendaraan sebaiknya segera diantisipasi dengan teknik paintless dent removal (PDR). Teknik ini memperbaiki penyok tanpa dibutuhkan proses pengecatan dan tanpa melepaskan panel kendaraan.

Pimpinan Bengkel Tekno, Ferdian Halim menjelaskan, ada alat khusus yang membuat bagian mobil penyok bisa kembali mulus seperti sedia kala. "Pengerjaannya juga cepat. Untuk 1 titik, paling hanya 15 menit," kata Ferdian dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (28/11).

Teknik PDR ini membutuhkan kejelian sehingga tidak merusak panel bodi dan cat tidak berubah. Menurut Ferdian, sudah ada juga lembaga PDR Training Center Indonesia yang memberikan sertifikasi bagi pelaku PDR ini.

“Di Tekno Body Repair kita ini yang mengerjakan PDR semua sudah mendapatkan sertifikasi dari PDR Training Center Indonesia. Ditambah pengalaman kami melayani konsumen sudah 20-an tahun. Kami sudah profesional dalam perbaikan bodi mobil dan juga pengecatan,” jelasnya.

Teknik PDR memang diaplikasikan untuk penyok kecil di bagian bodi mobil berbahan logam. Namun, bukan berarti penyok besar ataupun penyok di bagian bodi mobil berbahan plastik tidak dapat diselamatkan.

"Jangan panik lagi karena penyok apapun dapat diselesaikan, apalagi jika diurus oleh bengkel khusus body repair terpercaya yang memiliki pengalaman 20an tahun dengan ratusan mekanik bersertifikasi," tandasnya. (*/A-5)

BERITA TERKAIT