28 November 2019, 22:20 WIB

WNA Tiongkok Pelaku Fraud Diserahkan ke Imigrasi


MI | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
WNA Tiongkok Pelaku Fraud Diserahkan ke Imigrasi

DIREKTUR Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan mengatakan pihaknya telah menyerahkan 80 WNA Tiongkok yang terlibat dalam kasus telecommunication fraud atau penipuan dengan menggunakan media telekomunikasi kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia.

“Sesuai koordinasi kami dengan dir intelkam dan juga imigrasi direncanakan 80 ini akan kita serahkan ke imigrasi untuk proses lebih lanjut,” kata Iwan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (28/11).

Menurutnya, polisi menetapkan 85 warga negara Tiongkok sebagai tersangka. Namun dalam pemeriksaan secara intensif diketahui bahwa 5 orang diantaranya tidak terbukti terlibat dalam kasus tersebut.

Dia menambahkan, proses penyidikan lebih lanjut akan diserahkan kepada kepolisian Tiongkok. Sedangkan proses deportasi 80 tersangka itu merupakan wewenang Ditjen Imigrasi.

“Kami menerima permohonan dari Cina dan Kedubes Cina untuk membantu dilakukan penangkapan kasus penipuan online ini. Dimana banyak yang jadi korban warga Cina. Kami sudah lakukan penyelidikan dan saat ini kita sudah dapatkan dan tetapkan,” tandasnya. (Fer/J-3)

 

BERITA TERKAIT