28 November 2019, 11:30 WIB

Prosinecki Dipecat dari Timnas Bosnia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/JOE KLAMAR
 AFP/JOE KLAMAR
Robert Prosinecki

MANTAN pemain Kroasia Robert Prosinecki dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Bosnia dan Herzegovina setelah negara itu gagal melaju otomatis ke Piala Eropa 2020. Hal itu diumumkan Asosiasi Sepak Bola Bosnia dan Herzegovina (N/FSBiH), Rabu (27/11).

Pelatih berusia 50 tahun yang mengantarkan Kroasia menjadi peringkat tiga Piala Dunia 1998 telah menjabat sebagai pelatih timnas Bosnia dan Herzegovina sejak Januari tahun lalu.

Bosnia merupakan salah satu 16 tim yang akan berlaga di babak playoff memburu empat tempat yang tersisa di ajang Piala Eropa 2020.

N/FSBiH dalam pernyataan di laman daring resmi mereka mengatakan anggota komite eksekutif mereka telah sepakat untuk menghentikan Prosinecki.

Baca juga: Klinsmann Tukangi Hertha Berlin

Keputusan itu diambil setelah melakukan analisa untuk memastikan Bosnia meraih sukses saat playoff Piala Eropa 2020.

Prosinecki sebenarnya telah mengundurkan diri pada September lalu setelah Bosnia kalah 4-2 dari Armenia di babak penyisihan grup. Namun, N/FSBiH memberikan kesempatan tambahan untuk sang pelatih.

Bosnia menduduki peringkat empat Grup J di belakang Italia, Finlandia, dan Yunani setelah hanya meraih empat kemenangan dari 10 laga.

Jika mereka berhasil menang atas Irlandia Utara pada Tahun Baru, mereka akan menghadapi pemenang antara Slovakia dan Rep Irlandia di laga final, (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT