28 November 2019, 10:00 WIB

Klinsmann Tukangi Hertha Berlin


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/John MACDOUGALL
 AFP/John MACDOUGALL
Juergen Klinsmann

MANTAN pelatih timnas Jerman dan Amerika Serikat Juergen Klinsmann, Rabu (27/11), mengatakan dirinya melanjutkan kecintaan keluarganya dengan menjadi pelatih interim klub Bundesliga Hertha Berlin hingga akhir musim.

Klinsmann menggantikan posisi Ante Covic yang baru bertugas pada Juli lalu setelah menjadi pelatih tim cadangan selama enam tahun. Covic dipecat setelah Hertha dibekap Augsburg 4-0, Minggu (24/11).

Klinsmann ditunjuk menjadi anggota dewan pengawas Hertha pada November namun pria berusia 55 tahun itu ditunjuk menjadi pelatih saat Hertha hanya terpaut satu posisi dari zona degradasi.

"Sebuah kehormatan bisa membantu klub ini," ujar Klinsmann.

"Ayah saya adalah pendukung Hertha dan putra saya bermain di sini selama dua tahun. Jadi, saya sudah kenal banyak orang di sini," imbuhnya.

Baca juga: Leipzig Lolos ke 16 Besar Liga Champions untuk Pertama Kali

Staf pelatih Klinsmann juga sarat pengalaman.

Asisten Klinsmann adalah Alexander Nouri yang menyelamatkan Werder Bremen dari ancaman degradasi pada musim 2016-17 sementara pelatih kiper Andrea Koepke adalah rekan Klinsmann saat mengantarkan Jerman menjadi juara Piala Eropa 1996.

Tugas utama Klinsmann adalah memastikan Hertha tidak terdegradasi.

Klinsmann yang merupakan warga California lahir di barat daya Jerman dan mengawali karier sepak bolanya di Stuttgart. Namun, dia merupakan anggota fan club Hertha mengikuti langkah ayahnya yang merupakan pendukung fanatik klub asal Berlin itu.

Adapun, putra Klinsmann, Jonathan merupakan penjaga gawang cadangan Hertha sejak 2017 hingga pemain timnas Amerika Serikat U-23 itu hijrah ke klub Swiss St Gallen. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT