28 November 2019, 06:20 WIB

Daihatsu Optimistis Pangsa Pasar Capai 17%


Dero Iqbal Mahendra | Otomotif

MI/AGUS M
 MI/AGUS M
Pengunjung melihat mobil Daihatsu Terios yang dipamerkan dalam Astra Auto Fest di Astra Biz Center, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 

Tren penjualan Daihatsu dalam beberapa bulan belakangan positif di tengah lesunya pasar otomotif nasional.

PENYELENGGARAAN Astra Auto Fest 2019 yang digelar di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang Selatan, 22-24 November 2019, mendapat reaksi positif dari masyarakat. Hal itu terbukti dari penjualan Daihatsu saat pameran.

Sepanjang tiga pameran, Daihatsu meraih penjualan yang cukup menjakjubkan, yakni 501 unit. Jumlah itu jauh di atas target semula yang sekitar 200 unit.

Dari jumlah itu, penjualan terbesar diraih Sigra sebanyak 161 unit, Terios (102), Ayla (99), Xenia (57), Gran Max Pick Up (48), Sirion (13), Gran Max Minibus (9), Gran Max Blind Van (8), Luxio (3), dan Himax 1 unit.

"Angka penjualan di Astra Auto Fest 2019 ini di atas ekspektasi," ujar Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation, Supranoto, di Jakarta, Selasa (26/11).

Diakui Supranoto, tren penjualan Daihatsu dalam beberapa bulan belakangan positif di tengah lesunya pasar otomotif nasional. Ia meyakini, penjualan di akhir November hingga Desember nanti bisa naik signifikan.

Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penjualan di dua bulan terakhir biasanya tinggi. Banyak konsumen tengah menerima bonus akhir tahun sehingga menjadi trigger untuk membeli kendaraan. "Makanya kami yakin hingga akhir tahun bisa mempertahankan pangsa pasar 17%."

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Oktober 2019, Daihatsu meraih penjualan ritel 15.578 unit atau naik 18,8% dari bulan sebelumnya, sebesar 13.112 unit. Sepanjang Januari hingga Oktober 2019, Daihatsu masih bertahan di posisi kedua penjualan otomotif nasional. Dari total penjualan ritel otomotif nasional sebanyak 847.164 unit, Daihatsu mencetak penjualan 143.217 unit atau meraih pangsa pasar 16,9%.

Menurut Supranoto, hasil di Astra Auto Fest 2019 bisa menjadi gambaran positif untuk penjualan Daihatsu di sisa waktu 2019. Hal itu juga didukung perusahaan pembiayaan yang memberi kemudahan dan program istimewa yang mampu menarik konsumen.

Apalagi, saat ini 70% pembeli Daihatsu menggunakan skema kredit lewat perusahaan pembiayaan.

Sebelumnya, Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin menyatakan, Astra Auto Fest 2019 didukung seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra. Mereka saling sinergi atas beragam produk, promo, dan penawaran terbaik.

Ada 19 kolaborator yang memeriahkan pameran tersebut seperti pada lini otomotif, yaitu Auto 2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

Untuk pembiayaan, pameran tersebut didukung ACC, TAF, dan FIF Group. Sementara itu, di sisi perlindungan ada Asuransi Astra dan Astra Life serta layanan perbankan dari Permata Bank.

Pengunjung juga bisa menukar mobil lamanya menjadi baru melalui Mobil 88, Toyota Trust, dan BMW Astra Used Car.

Animo tinggi

Pada kesempatan terpisah, Kepala Wilayah Jakarta 1 PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, David Gunawan, menjelaskan hasil dari Astra Auto Fest 2019 menunjukkan bukti bahwa animo masyarakat terhadap produk Daihatsu sangat baik. "Sehingga pada saat ada event-event tertentu, masyarakat mau memilih Daihatsu sebagai kendaraan pilihan," kata dia.

Dia menjelaskan, dari beberapa hasil survei yang diperoleh Daihatsu, saat ini masyarakat sudah percaya pada kualitas produk dan pelayanan purnajual Daihatsu. Selain itu, banyak pilihan produk Daihatsu yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, baik untuk mobil keluarga maupun mobil operasional usaha mereka. "Secara pelayanan purnajual, saat ini sudah tersedia banyak jaringan bengkel Daihatsu yang dengan mudah dapat dijangkau oleh pemilik mobil Daihatsu," tambah David.

Menurut dia, kondisi itulah yang membuat animo masyarakat terhadap produk Daihatsu menjadi semakin tinggi. Hal itu juga yang membangkitkan optimisme David dan timnya bisa meraih target pangsa pasar 15% untuk penjualan Daihatsu di wilayah DKI, walaupun pasar otomotif secara nasional belum bersinar. "Mudah-mudahan tercapai. Setidaknya penjualan November dan Desember bisa sekitar 150 ribu unit," ujar Jongkie, Senin (25/11). (S-1)

BERITA TERKAIT