26 November 2019, 23:35 WIB

Visa dan McDonald's Sinergi Hadirkan Teknologi Pembayaran


Anton Kustedja | Ekonomi

Ist
 Ist
Visa dan McDonald

PERUSAHAAN pembayaran digital terdepan di dunia, Visa, bekerja sama dengan McDonald's Indonesia menghadirkan teknologi pembayaran tanpa kontak (contactless) kepada para pelanggan restoran cepat saji asal negeri Paman Sam tersebut.

Dengan adanya kerja sama ini, pemegang kartu Visa kini dapat menikmati pembayaran lebih cepat hanya dengan sekali sentuh (tap) menggunakan kartu, ponsel, atau perangkat berteknologi contactless di seluruh outlet McDonald's di Indonesia.

Pembayaran dapat dilakukan tanpa harus memasukkan nomor identitas pribadi (PIN) atau tanda tangan untuk nominal transaksi di bawah Rp1 juta.

"Kami memiliki tujuan yang sama untuk menghadirkan cara membayar yang lebih mudah, aman, dan tanpa hambatan bagi pelanggan saat membeli makanan favoritnya di restoran McDonald’s terdekat. Melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan para pemimpin pasar yang secara langsung berinteraksi dengan konsumen dan dapat memberikan pengalaman pembayaran terbaik, kami mewujudkan misi kami untuk meningkatkan inklusi keuangan menuju masyarakat nontunai di Indonesia," jelas Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman, di Jakarta, Selasa (26/11).

Riko lebih jauh mengungkapkan, untuk melakukan pembayaran contactless, pelanggan cukup tap kartu debit dan kredit berteknologi contactless, atau perangkat lainnya berteknologi NFC seperti ponsel, pada terminal contactless yang tersedia, dan dalam hitungan detik, transaksi selesai.

 

Baca juga:  Laba Bersih Emdeki Catatkan Kenaikan Meski Ekspor Turun

 

Meski tidak memerlukan nomor PIN atau tanda tangan, transaksi ini memiliki tingkat keamanan yang sama dengan membayar melalui kartu chip EMV lainnya, yang mana kartu akan tetap berada di tangan pelanggan selama proses pembayaran.

"Kami memiliki misi menjadi tempat makan dan minum favorit bagi para pelanggan. Dan dengan kerja sama ini, kami juga dapat menawarkan cara membayar favorit di mana pelanggan dapat memesan makanan dengan lebih mudah daripada sebelumnya. Kami berharap, dengan cara pembayaran contactless, kami dapat terus mengembangkan layanan terbaik dan tetap menjadi restoran cepat saji pilihan utama bagi keluarga Indonesia," sambung Yanti Lawidjaja, Finance and IT Director McDonald's Indonesia.

Untuk mempromosikan cara pembayaran contactless, Visa dan McDonald's berencana berkolaborasi dalam meluncurkan promosi spesial bagi para pelanggan mulai awal 2020.

Adapun teknologi Visa contactless juga sudah dapat dinikmati para konsumen yang hendak membayar layanan atau produk di sejumlah supermarket, bioskop, dan stasiun SPBU tertentu, dan jumlah merchant ini masih akan terus bertambah lagi ke depannya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT