27 November 2019, 19:42 WIB

Lewat Pertarungan Ketat, Media Group Tekuk Kompas Gramedia 43-42


Panji Arimurti | Olahraga

Dok. Media Group
 Dok. Media Group
Pemain Media Group merayakan kemenangan

MEDIA Group akhirnya menjadi runner up Grup D Turnamen Basket Sinarmasland 2019 setelah di pertandingan terakhir berhasil mengalahkan Kompas Gramedia. Pada laga yang digelar di lapangan  Lapangan Basket The Breeze BSD City, Tangerang Selatan, Rabu (27/11/2019) tersebut, Media Group menang denggan skor tipis 43-42.

Hasil ini memang sudah tidak menentukan lagi bagi kedua tim, setelah di pertandingan pertama kedua tim sama-sama menelan kekalahan. Namun bagi Media Group, kemenangan ini membuat moral tim asuhan Sanny Akbar Pratama tersebut meningkat.

Kompas Gramedia membuka kuarter pertama dengan keunggulan 12-8. Permainan fast break yang diterapkan  sejak awal laga cukup membuat kesulitan anak-anak Media Group. Tidak adanya point guard murni juga membuat Media Group kesulitan untuk membongkar pertahanan Kompas Gramedia.

Sehingga, di kuarter kedua, Kompas Gramedia kembali unggul dengan skor 12-7. Skor di babak pertama pun menjadi 24-15, masih untuk keunggulan Kompas Gramedia.

Di babak kedua, tepatnya di kuarter ketiga, pelatih Sanny Akbar mengubah taktik menjadi man to man defense. Hal ini terbukti ampuh sehingga membuat Kompas Gramedia kesulitan menjalankan taktik mereka. Sementara Media Group berhasil lepas dari tekanan lewat permainan gemilang dua pemain andalan mereka Joshua Londah dan Saka Bagja Adriya. Berkali-kali tembakan tiga angka Saka Bagja melesak mulus yang membuat pemain-pemain Kompas Gramedia frustasi.

Di kuarter ketiga Media Group berhasil unggul jauh 17-8, yang membuat skor hingga akhir kuarter ini menjadi sama kuat 32-32.

Sama-sama tidak ingin menelan kekalahan, kedua tim bermain ngotot di kuarter terakhir. Berkali-kali kedua tim saling mengejar perolehan angka. Hingga 18 detik akhir pertandingan, Kompas Gramedia masih unggul satu bola 42-40.

Namun sesalahan fatal diambil oleh anak-anak Kompas Gramedia yang terlalu fokus menjaga Saka Bagja agar tidak bisa melepaskan tembakan tiga angka. Sebuah assist dari Joshua Londah berhasil dimanfaaatkan small forward Wahid Abdulah yang tidak terjaga untuk melesakkan tembakan tiga angka yang membuat kedudukan berubah menjadi 43-42 untuk keunggulan Media Group di sisa tujuh detik akhir pertandingan.

Meski masih tersisa tujuh detik, pemain-pemain Kompas Gramedia yang dalam kondisi tertekan tidak bisa memanfaatkan keadaan. Skor pun tidak berubah untuk kemenangan Media Group.

"Kemenangan ini cukup berarti buat mental semua pemain. Pemain harus percaya mereka bisa punya mental pemenang. Mental juara," kata pelatih Sanny Akbar Pratama usai pertandingan.

"Memang kami akui masih banyak kekurangan di tim kami. Tapi itu semua bisa tertutupi lewat kekompakan satu sama lain. Kalau dilihat dari materi pemain kami nothing too lose untuk game ini. Cuma itulah basket. Tidak ada yg bisa diprediksi sampe buzzer berbunyi,"  tandas pelatih sekaligus kapten tim basket Media group tersebut.

Saka Bagja menjadi penyumbang angka terbanyak Media Group dengan 12 poin, disusul Joshua dengan 10 poin. Sementara Wahid Abdulah yang menjadi pahlawan kemenangan pada laga tersebut mencetak sembilan poin. Di kubu Kompas Gramedia Angga menjadi pencetak angka terbanyak dengan 12 poin.

Susunan pemain:
Kompas Gramedia:
Handiko, Bams, Alex, Priyo, Yudha, Drakel, Gero, Saputro, Yuda, Harahap, Angga.
Media Group: Panji Arimurti, Akhsanul Ato, Joshua Londah, Saimin, Saka Bagja Adriya, Achmad Zulfikar, Arief Husein, Wahid Abdulah, Rafan Marviandy.(OL-07)

BERITA TERKAIT