27 November 2019, 15:07 WIB

Waspada, Bangka Belitung Potensi Hujan Lebat dan Petir


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Petir

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Pangkalpinang imbau masyarakat untuk waspada potensi hujan lebat di sertai petir di wilayah Bangka Belitung.

Kepala seksi (Kasi) Informasi dan data BMKG Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan saat ini wilayah Babel sudah masuk musim pancaroba dari kemarau ke musim hujan.

Dia mengungkapkan, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di Simpang Teritif, Tempilang, Payung, air Gegas dan meluas ke Muntok, Puding Besar dan Simpang Rimba.

"Musim pancaroba ini, cuaca memang agar ekstrem seperti hujan lebat dan petir, nah, kita mita masyarakat untuk waspada terhadap bencana yang ditimbulkan saat musim hujan," kata Kurniaji, Rabu (27/11).

Kurniaji meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, untuk waspada hujan lebat dan petir, sebab masih berpotensi terjadi.

Ia menambahkan untuk kecepatan angin dijalur penyebrangan Bangka Belitung berkisar 18 km/jam hingga 27 km/jam sedangkan untuk ketinggian gelombang 1,50 meter di Selat karimata sedang di Selat Bangka, Gelasa, Bangka dan Utara Bangka hanya 0,75 meter.

"Cuaca dilaut bersahabat, tapi, nelayan harus tetap waspada," ungkap dia.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT