27 November 2019, 13:35 WIB

Memasuki Musim Hujan Waspadai Hama Padi


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

Antara
 Antara
Memasuki musim hujan berbarengan dengan musim tanam perlu diwaspadai adanya serangan hama tanaman. 

MENGHADAPI puncak musim hujan pada November 2019-Januari 2020, petani di kawasan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, harus mewaspadai serangan hama penyakit. Pasalnya pada musim penghujan kemungkinan terjadi kelembaban sangat tinggi, sehingga populasi berbagai jenis hama meningkat dari biasanya.

Pada lahan sawah yang memiliki irigasi teknis misalnya, serangan hama penyakit dan jamur sangat rawan menyerang. Itu disebabkan aliran air dari saluran irigasi cukup aktif ditambah guyuran hujan yang membasahi batang padi dari atas. Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie, Hasballah, mengimbau kepada petani supaya lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan buruk.

baca juga: Banjir Rendam Tujuh Kecamatan di Rokan Hulu

"Jangan sampai terjadi kelalaian sehingga gagal produksi hasil pertanian. Petani harus benar-benar mengatur kondisi air. Di lokasi pengairan irigasi teknis jumlah air sering lebih memadai. Karena itu petani harus menjaga jangan terlalu melimpah dan ditambah lagi oleh guyuran hujan. Kalau kelembaban sangat tinggi, akan melahirkan hama penyakit dan jamur," ujarnya, Rabu (27/11/2019).

Ia juga menyarankan petani tidak menggunakan varietas benih yang belum teruji tahan hama penyakit. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT