27 November 2019, 13:30 WIB

Banjir Rendam Tujuh Kecamatan di Rokan Hulu


Rudy Kurniawansyah | Nusantara

MI/Rudi Kurniawansyah
 MI/Rudi Kurniawansyah
Banjir merendam 7 kecamatan di Kabupaten Rokan, Riau akibat meluapnya Sungai Rokan.

TINGGINYA curah hujan di Riau mengakibatkan sejumlah sungai meluap sehingga menyebabkan banjir. Sedikitnya tujuh kecamatan dan 15 desa/kelurahan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terendam banjir luapan Sungai Rokan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada Media Indonesia mengatakan banjir mengakibatkan jalan raya penghubung antar kecamatan dan desa menjadi terputus.

"Saat ini untuk beberapa daerah dilaporkan air sudah mulai surut. Tim BPBD Rokan Hulu sudah mendirikan posko pengungsian di lokasi banjir," kata Edwar di Pekanbaru, Rabu (27/11/2019).

Dia menjelaskan, banjir pada tujuh kecamatan dan 15 desa/kelurahan di Kabupaten Rokan Hulu yaitu Kecamatan Rambah meliputi Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Tanjing Belit, Desa Babussalam, dan Desa Pematang Berangan. Kemudian Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rokan IV Koto meliputi Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kanan atau Kubang Buaya, Desa Tanjung Medan Kelurahan Rokan. Desa Rokan Timur, Kecamatan Ujung Batu dengan Desa Suka Damai, Kecamatan Pagaran Tapah dengan Desa Sangkir Jaya, Kecamatan Kunto Darussalam meliputi Desa Pelanduk dan Desa Kota Intan. Banjir juga merendam  Kecamatan Rambah Hilir meliputi Desa Rambah Hilir. Dan Kecamatan Bonai Darussalam dengan jumlah desa masih dalam perhitungan dan kaji cepat tim BPBD Rokan Hulu.

"Dari 7 Kecamatan yang sedang ditangani, sebanyak 4 Kecamatan kondisi banjir sudah mulai surut dan warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan 3 Kecamatan yaitu Rambah, Kunto Darussalam, dan Bonai Darussalam masih terdampak hingga jalur akses ke desa terputus akibat jalan raya penghubung antar desa terendam air,"
jelas Edwar.

Adapun kronologis terjadi peristiwa banjir, lanjut Edwar, ketika sebagian besar daerah Kabupaten Rokan Hulu diguyur hujan dari Sabtu (23/11) sore hingga Minggu (24/11) pagi. Hujan memicu meluapnya Sungai Rokan Kiri dan Sungai Rokan Kanan. BPBD sudah mendirikan tenda Posko Bencana Banjir di tepian Sei Batang Lubuh. Sejauh ini, tim BPBD masih di Kecamatan Bonai Darussalam untuk koordinasi dan langkah kaji cepat.

baca juga: Pemkab Kotabaru Siapkan Rekonstruksi Pulau Sebuku

Sementara Kepala Basarnas Pekanbaru Amiruddin mengatakan warga korban banjir di Rokan Hulu saat ini mencapai 849 kepala keluarga atau setara 3.116 jiwa. Banjir juga merendam beberapa fasilitas sosial seperti masjid, sekolah, dan membuat akses jalan terputus.

"Basarnas Pekanbaru telah menurunkan personel yang dilengkapi perahu karet untuk mengevakuasi warga dan membantu menyalurkan bantuan," jelas Amiruddin di Pekanbaru. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT