27 November 2019, 10:50 WIB

2020, Warga Kepulauan Seribu Bisa Cetak Dokumen Adminduk Sendiri


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Warga dan Wisatawan yang baru turun dari kapal di Kepulauan Seribu

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta berencana mengadakan 12 unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, akhir tahun ini.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Dhani Sukma menyebut dengan adanya mesin ini, warga akan bisa mencetak dokumen administrasi kependudukannya (adminduk) secara mandiri seperti KTP-el, KK, akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Mesin ini diharapkan memudahkan warga yang ingin mencetak dokumen kependudukannya dengan ketentuan sepanjang persyaratannya sudah dipenuhi. Mesin ini bekerja dengan memasukkan QR Code yang didapat warga," ungkapnya dalam Media Update Dukcapil di Balai Kota, Selasa (26/11).

Dhani menyebut mesin ini sementara akan diprioritaskan di Kabupaten Kepulauan Seribu yang warganya memiliki keterbatasan akses menuju kantor-kantor pemerintahan guna mendapat layanan adminduk.

Baca juga: PAM Jaya Penuhi Air Bersih 4 Pulau Kepulauan Seribu

Ia mencontohkan dua pulau yang akan diberikan mesin ADM ini di antaranya yakni Pulau Sabira dan Pulau Pari.

"Kedua pulau itu cukup jauh aksesnya menuju pulau yang menjadi ibu kota kelurahan. Seperti Pulau Sabira itu lebih dekat ke Lampung hanya 2 jam menggunakan kapal cepat. Sementara untuk ke daratan Jakarta malah 5 jam," jelasnya.

Selain di Kabupaten Kepulauan Seribu, Dhani juga merencanakan mesin ini bisa ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis agar warga yang sibuk namun memiliki kebutuhan mencetak dokumen adminduk dapat melakukannya secara mandiri kapan saja tanpa harus datang ke kantor-kantor pemerintahan.

Untuk tahun depan, Dinas Dukcapil baru bisa mengadakan sebanyak 12 sampai 15 unit disebabkan adanya efisiensi anggaran yang dilakukan oleh Pemprov DKI.

"Rencananya selain di pulau, kami ingin adakan di tiap kantor Sudin Dukcapil. Namun, karena efisiensi sehingga kami harus mencari lokasi yang benar-benar strategis agar bisa menjangkau semua warga," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT