26 November 2019, 20:30 WIB

Jalan Ciawi-Singaparna Ambles 17 Meter


Kristiadi | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi

BAHU jalan utama Ciawi menuju Singparna, di Desa Karangsambung, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ambles sepanjang 17 meter dengan kedalaman dan lebar masing-masing 5 meter.

Peristiwa tersebut diduga terjadi karena hujan deras yang terus menggujur sebagian wilayah Tasikmalaya.

"Saya baru melakukan pengecekan ke lokasi dan untuk sementara itu akan dipasang rambu penghalang agar tidak membahayakan semua pengendara. Amblesnya, bahu jalan tersebut disebabkan karena hujan deras terjadi sejak siang dan malam hari membuat bahu jalan terbelah," kata petugas Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan wilayah Ciawi, Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya, Toto Sugiarto, Selasa (26/11).

Toto mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak malam mengakibatkan amblesnya bahu jalan atau bangunan pelengkap di Jalan Ciawi-Singaparna tersebut membuat penggendara harus ektra hati-hati saat melintas di lokasi itu. Namun, perbaikan sendiri akan dilakukannya secepatnya supaya tidak menimbulkan korban apalagi kondisinya sangat berbahaya.

"Amblesnya, jalan Ciawi-Singaparna selama itu memang sudah selesai dalam pembangunan tapi di lokasi tersebut terjadi pergeseran tanah pada konstruksi. Jika hujan kembali turun bisa mengakibatkan bahu jalan ambles lagi, karena saat ini telah menimbun saluran air yang ada di bawahnya," ujarnya.

Menurutnya, jalan Ciawi-Singaparna selama ini telah terhubung dan volume kendaraan yang melintas sudah mengalami kepadatan namun sepanjang jalan kondisinya belum terpasang penerangan jalan umum (PJU). Kondisi itu, bisa membahayakan para pengendara mobil maupun motor terutama yang melintas pada malam hari. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT