26 November 2019, 20:09 WIB

Tok! DPRD DKI Sepakati RAPBD 2020 DKI Jakarta Rp87,9 Triliun


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Istimewa
 Istimewa
Gedung DPRD DKI Jakarta

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengesahkan Rancangan APBD 2020 DKI Jakarta sebesar Rp87,9 triliun. RAPBD itu disahkan setelah Badan Anggaran DKI menggelar rapot selama lima jam bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPDI Pemprov DKI.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim (rancangan) APBD 2020 dengan angka Rp 87,956,148,476,363 apakah disetujui?" ujar ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Ruang Paripurna DPRD DKI, Jakarta, Selasa (26/11).

"Setuju.." kompak peserta rapat badan anggaran. Kemudian Prasetyo mengetuk palu tiga kali.

Sebelum disahkan, banjir interupsi sempat mewarnai rapat Banggar tersebut. Salah satunya adalah Pantas Nainggolan dari Fraksi PDIP yang mewakili Komisi D DPRD. Menurutnya, dari mata anggaran yang ditetapkan di komisinya, telah terjadi efisiensi sebesar Rp1,5 triliun.

"Persoalannya adalah ketika Komisi D sudah melakukan efisiensi, tapi dituntut kembali efisiensi, jadi ya dua kali ini," kata Pantas.

Baca juga : Gerindra: Cawagub Masih dari PKS, Pemilihan Mandek Lagi

Wakil Ketua Komisi D dari fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh juga sempat meminta Sekretaris Daerah Saefullah untuk tidak membuang waktu dalam menjelaskan usulan anggaran mana yang akan diajukan.

"Eksekutif bisa enggak tetapin dengan tegas, anggaran yang mana yang diajukan? Apakah yang Rp89 triliun atau Rp87 triliun. Ini dari tadi pembahasan itu-itu saja," tutur Nova.

Sekda DKI Saefullah mengatakan pihaknya tidak berniat menyembunyikan sesuatu mengenai RAPBD 2020 tersebut. Ia meminta anggota dewan untuk sama-sama menyisir dan membahas dalam rapat tersebut.

"Tidak ada yang disembunyikan di sini. Kalau ada di sinilah gunanya pembahasan. Kan kalau (anggaran) sama semua malah aneh. Kita diskusi untuk mengambil keputusan bersama," tandas Saefullah.

Setelah pengesahan ini, besok akan dilanjutkan rapat gabungan pimpinan (rapimgab) bersama pimpinan DPRD dengan anggota badan anggaran dan eksekutif untuk mengecek RAPBD yang nantinya akan ditandatangani oleh kedua pihak. (OL-7)

BERITA TERKAIT