27 November 2019, 01:20 WIB

Franka Franklin Ceritakan si Kancil di Hari Mendongeng


MI | Hiburan

MI/Suryani Wandari
 MI/Suryani Wandari
Franka Franklin

RAMAINYA suara celoteh anak-anak memenuhi ruang­an Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, kemarin. Mereka langsung terdiam saat Ibu Mendikbud Franka Franklin membacakan kisah berjudul Si Kancil.

”Saya akan menceritakan si kancil yang sebenar-benarnya. Di sini si kancil diceritakan menjadi sosok yang baik dan suka berbagi kepada teman-temannya,” kata alumnus Fashion Raffles Design Institue dan Norhbumbria University, Belanda, itu di hadapan ratusan murid kelas 1 hingga kelas 3 sekolah dasar (SD).

Mereka berasal dari SD Islam Terpadu Darul Himah, SD Strada Pelita II, SD Cita Kasih Tzu Chi, dan SD N 011 Pagi Jakarta. Kegiatan mendongeng itu menjadi bagian dalam Pekan Perpustakaan Kemendikbud untuk memperingati Hari Mendongeng Nasional yang diperingati setiap 26 November sekaligus merayakan HUT ke-15 Perpustakaan Kemendikbud.

Mendongeng tidak hanya kegiatan untuk menidurkan anak, tetapi juga aktivitas yang dapat meningkatkan perkembangan pada otak kanan anak, psikologis, kecerdasan emosional serta meningkatkan imajinasi pada anak.

”Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal-hal di otak kita adalah kunci kesuksesan di masa depan,” kata Mendikbud Nadiem Makarim. (H-2)

BERITA TERKAIT