27 November 2019, 00:20 WIB

Berburu Poin Penentu di Camp Nou


Despian Nurhidayat | Sepak Bola

AFP
 AFP
Para pesepak bola Barcelona

KEMENANGAN menjadi target yang harus didapat Barcelona dan Borussia Dortmund saat saling berhadapan dalam lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Camp Nou dini hari nanti. Raihan tiga poin dalam laga tersebut akan memastikan langkah ke babak 16 besar.

Barcelona saat ini memimpin Grup F dengan poin 8 sedangkan Dortmund berada satu tingkat di bawah dengan poin 7. Posisi tioga ditempagti Inter Milan dengan poin 4 disusul Slavia Praha di posisi juru kunci dengan poin 2.

Tampil di kandang, Barcelona lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun untuk bisa meraih hasil maksimal di kandang, Barcelona dituntut untuk memperbaiki penampilan, terutama ketajaman di lini depan.

Dalam empat laga sebelumnya, barisan depan Barcelona hanya mampu mencetak empat gol, bahkan satu gol diantaranya terjadi akibat bunuh diri pemain Slavia Praha. Rendahnya produktivitas gol jadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi pelatih Ernesto Valverde.

Rumor ketidakharmonisan antara Antoine Griezmann dengan Lionel Messi dinilai menjadi penyebab mandulnya lini depan Blaugrana. Menghadapi Dortmund, Valverde dituntut untuk bisa meredam konflik kedua bintangnya tersebut agar tidak berimbas kepada penampilan tim secara keseluruhan.
    
“Dortmund merupakan tim besar dan untuk mengalahkan mereka, kami perlu melakukan yang terbaik. Saat ini Dortmund menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk dilewati,” ungkap Valverde.

Seperti Valverde, pelatih Dortmund Lucien Favre juga mengusung beban berat. Hasil buruk di dua laga terakhir Bundesliga Jerman, kalah 0-4 dari Bayern Muenchen dan ditahan 3-3 olah tim promosi Paderborn, membuat posisi Favre berada di ujung tanduk.

Bahkan Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc mengancam akan memecat  Favre. Hasil melawan Barcelona akan menjadi penentu apakaha Favre akan tetap menduduki posisinya.

“Kami akan melawan Barcelona bersama Lucien Favre dan kami berharap akan melihat peningkatan kinerja Dortmund yang signifikan. Kami membutuhkan kinerja yang baik di lapangan, sehingga Anda bisa tetap melihat ke depan,” tegas Zorc.


Peluang besar Liverpool

Perebutan poin krusial juga akan terjadi di Grup E saat Liverpool menjamu Napoli di Stadion Anfield. Kemenangan akan mengantar Liverpool ataupn Napoli memastikan langkah ke babak selanjutnya.

Di atas kertas, Liverpool yang kini memuncaki klasemen dengan poin 9, lebih berpeluang meraih kemenangan. Selain bermain di kandang, Si Merahm, julukan Liverpool mampu tampil konsisten dengan mengemas kemenangan di tujuh laga terakhir di semua kompetisi.

Terlebih, Liverpool dipastikan akan bisa memainkan striker Mesir, Mohamed Salah yang telah puliih dari cedera. “Akhir pekan lalu dia duduk di bangku cadangan saat kami melawan Crystal Palace. Melawan Napoli dia bisa kembali ke lapangan,” ungkap pelatih Liverpool Jurgen Klopp.

Berbeda dengan Liverpool, kondisi sebaliknya dialami Napoli. Dalam enam laga terakhir, Napoli hanya meraih lima hasil imbang dan sekali kalah.

Selain itu, Napoli juga tengah dilanda konflik internal antara presiden klub Aurelio De Laurentiis dengan skuat besutan Carlo Ancelotti. Bahkan Laurentiis mengancam akan memotong gaji para pemain yang dinilai membangkang. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT