26 November 2019, 19:46 WIB

Serangan Balik Cepat Indonesia Sukses Lumpuhkan Thailand


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
 ANTARA/SIGID KURNIAWAN
 Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang  Thailand.

PELATIH Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku puas dengan performa Egy Maulana Vikri dkk setelah sukses mengalahkan Thailand 2-0 pada laga penyisihan Grup B di SEA Games 2019, Selasa (26/11).

Menurut mantan pelatih Bali United itu, pihaknya menerapkan taktik serangan balik cepat untuk menghancurkan lini pertahanan Thailand sejak awal laga.

"Thailand kami ajak main deep dan counter. Hasilnya, Counter attack baik kami berhasil jadi gol di babak kedua," ucapnya.

Baca juga: Harapan Timnas U-23 Ulang Keruksesan 1991

Cara bermain dengan mengandalkan serangan balik terlihat serupa saat Timnas mengalahkan Iran U-23, 2-1, dua pekan lalu. Namun, Indra menampik akan terus menggunakan taktik tersebut di setiap pertandingan.

"Lawan berbeda, pasti taktik berbeda. Selalu kami lakukan pendekatan taktikal sesuai kebutuhan lawan," tuturnya.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Sepak Bola Rizal Memorial Sports Complex, Manila, Filipina, Garuda Muda unggul sejak menit ke-4 setelah Egy Maulana Vikri menciptakan gol pertama. Sementara gol kedua disumbangkan Osvaldo Haay di babak kedua menit ke-86.

"Alhamdulillah memulai turnamen dengan baik. Kemenangan tadi sangat berarti untuk bisa bersaing di grup B ini. Terima kasih kepada semua pemain," ujar Indra.

Indra puas karena apa yang direncanakannya sejak babak pertama benar-benar sukses dijalankan anak asuhnya. Termasuk gol pertama yang lahir dari tendangan sudut dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Egy.

"Hasil latihan kami selama ini bisa menghasilkan gol. Kami sangat puas karenanya."

Indra pun tak menyangka bahwa skuatnya bisa mencetak gol cepat ke gawang Thailand yang dijaga oleh Nont Muangngam.

" Saya tidak tahu menit ke berapa bisa gol. Saya siapkan tim lawan Thailand, dan ada beberapa hal kami bisa gunakan untuk ambil keuntungan.

Sementara itu, pelatih Thailand, Akira Nishino mengungkapkan bahwa timnya sudah memberikan yang terbaik meski kalah dari Indonesia.

"Hari ini bukan hari yang bagus untuk kami. Tetapi, kami sudah berikan yang terbaik. Indonesia juga sudah tampil lebih baik. Kami akan konsentrasi di laga berikutnya agar bisa meraih kemenangan," ujar Nishino.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia berhak menempati posisi pertama di klasemen Grup B. Di bawahnya, ada Vietnam yang juga meraih tiga poin tapi harus berada di posisi kedua karena Indonesia unggul selisih gol. (Ykb/A-3)

BERITA TERKAIT