26 November 2019, 19:23 WIB

Jakarta Disebut Kampung, Anies : Kita Lakukan Transformasi


Putri Anisa Yluliani | Megapolitan

Antara/Indrianto Eko Suwarso
 Antara/Indrianto Eko Suwarso
Gubernru DKi Jakarta di Munas APPSI 2019

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan telah melakukan segala upaya untuk mentransformasikan Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Salah satu transformasi yang dilakukan adalah dalam bidang transportasi.

Hal itu disampaikannya menanggapi ucapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang menyebut pembangunan di Tiongkok sangat pesat dan Jakarta adalah kampung.

"Jadi menangkap pesan dari Pak Tito itu tadi tentang bagaimana transformasi sebuah negara. Nah, ini yang nanti harapannya juga kita lakukan. Misalnya contoh di Jakarta, kita melakukan transformasi transportasi," ungkap Anies usai menghadiri Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11).

Transportasi di ibu kota kata Anies, telah diupayakan agar terintegrasi antar-rute dan antar-moda.

Selain itu, integrasi tiket pun juga dilakukan. Sehingga dalam berganti moda warga tidak perlu berganti tiket.

Baca juga : Tito Bandingkan Jakarta-Tiongkok, Anies: Pelajaran untuk Semua

Hasilnya kini jumlah penumpang angkutan umum telah berkembang jauh dibandingkan dengan sebelumnya.

"apa yang terjadi? Di tahun 2017, jumlah penumpang kendaraan umum kita ada 338 ribu. Dalam dua tahun, dia berubah hampir 700 ribu. Lompat dua kali lipat dalam dua tahun. Kenapa? Ya karena ada transformasi serius di bidang integrasi transportasi," ungkapnya.

Menurutnya upaya transformasi yang dilakukan telah berada di koridor yang tepat.

"Tiongkok memberikan pelajaran bahwa lompatan drastis itu bukan 1-2 lokasi, tetapi di seluruh negeri. Jadi ini pesan yang menurut saya untuk kepala daerah menjadi menarik," tandasnya.

Sebelumnya, dalam agenda Musyawarah Nasional APPSI 2019 di Jakarta, Mendagri Tito Karnavian menyebut pembangunan di Kota Beijing dan Kota Shanghai sangat pesat.

Jakarta pun disebutnya selevel dengan kampung di kedua kota tersebut. (OL-7)

BERITA TERKAIT