26 November 2019, 22:20 WIB

DWP Pindah Ke Bali, DKI Kehilangan Rp6 Miliar


MI | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Djakarta Warehouse Project (DWP)

PENYELENGGARAAN acara musik Djakarta Warehouse Project (DWP) yang akrab sebagai festival musik bagi musisi internasional sempat pindah ke Bali pada 2018 silam. Akibatnya, Jakarta kehilangan potensi pendapatan pajak hingga Rp6 miliar. Namun, hal tersebut hanya berlangsung tahun lalu. Tahun ini DWP mudik kembali ke Jakarta dan akan diselenggarakan pada bulan depan.

“Ketika DWP pindah ke Bali kita kehilangan potensi yang cukup besar sampai Rp6 miliar,” ungkap Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Faisal Syafruddin di  Jakarta,  Selasa (26/11).

Faisal mengatakan tidak hanya DWP yang lari dari Jakarta tetapi juga banyak acara musik lainnya yang keluar dari Jakarta dan memilih tempat eksebisi lain yang bisa menampung lebih banyak pengunjung.

“Acara show besar pindah ke ICE (International Convention and Exhibition) BSD, konser pindah ke Sentul. Karena kita tidak punya tempat yang besar. Kita harus punya tempat,” terangnya.

Saat ini realisasi pendapatan pajak DKI baru mencapai 79,29% atau Rp 35,3 triliun dari target Rp44,5 triliun. Sementara itu, untuk pajak hiburan realisasinya baru mencapai Rp743 miliar atau 87% dari target Rp850 miliar. Untuk mendongkrak pajak hiburan, Pemprov DKI berencana membangun tempat eksibisi yang multifungsi.(Put/J-1)

BERITA TERKAIT