26 November 2019, 17:35 WIB

71 Santriwati Keracunan, Polisi Amankan Sisa Makanan


toshi wicaksono | Nusantara

Antara
 Antara
Santri keracunan makanan di rawat di RSUD Temanggung, Jateng

SISA makanan penyebab keracunan yang menimpa 71 santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Mistakhulrosyidin Cekelan, Temanggung, Jawa Tengah, diamankan Polres Temanggung, Selasa (26/11).

"Sisa makanan yang diuji adalah makanan yang dimasak di Ponpes, antara lain sisa nasi, sayur, dan sisa makanan di koperasi seperti balungan crispy dan bahan-bahan pembuatnya," terang Kasatreskrim Polres Temanggung Ajun Komisaris M Alfan Armin, Selasa (26/11).

Selain delapan sampel makanan tersebut, Polisi juga menanyai enam orang saksi dari Ponpes terkait keracunan. Enam orang itu adalah pengurus Ponpes, pengelola koperasi Ponpes, santri yang tidak mengalami keracunan, dan pembuat makanan untuk Ponpes.

"Informasinya yang masak adalah santriwati Ponpes sendiri. Tapi ada juga makanan yang jadi koperasi dan dipasok dari luar Ponpes," kata Alfan.

Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Sukamsih, menyebut, hingga saat ini korban keracunan berjumlah 71 orang santriwati. Pihak Dinkes telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan untuk kasus tersebut. (OL-11)

BERITA TERKAIT