26 November 2019, 17:24 WIB

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung


Devi Gunawan | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi

SEJUMLAH  warga Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (26/11), memperbaiki rumah dan membersihkan puing sisa kerusakan setelah diterjang puting beliung.

Informasi yang didapat Media Indonesia menyebutkan, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Senin (25/11) petang, memporak porandakan puluhan rumah warga, pasar tradisional dan menumbangkan sejumlah pohon, di Desa Cililin.

Camat Cililin, Endang Ahdiat mengaku, belum ada bantuan yang disalurkan kepada warga yang terdampak. Pasalnya, pihaknya baru melakukan pendataan dan memulihkan psikis warga.

"Perbaikan rumah dilakukan secara swadaya oleh warga. Mereka sudah memperbaiki rumahnya masing-masing menggunakan material yang masih bisa terpakai," kata Endang di Cililin, Selasa (26/11).

Kendati tidak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa, tiga kepala keluarga dengan total 11 jiwa terpaksa harus mengungsi karena rumahnya mengalami rusak parah.

"Warga mengungsi karena tembok rumahnya jebol, ada juga yang rusak karena atapnya terbang semua. Jadi terpaksa mereka mengungsi ke keluarga terdekatnya," tutur Endang.

Menurut Endang, kejadian angin kencang yang menerjang pemukiman warga berlangsung singkat sekitar 15 menit.

Warman, seorang warga menuturkan, tidak ada tanda-tanda bakal terjadi angin kencang karena sebelumnya cuaca sangat panas.

"Siangnya panas, lalu langit jadi gelap. Enggak lama kemudian turun hujan yang disertai angin kencang," kata Warman.

Warman kemudian bergegas naik ke lantai dua dan melihat genting rumah beterbangan tersapu angin serta beberapa pohon tumbang. Dia mengaku, kejadian angin kencang baru pertama kali menerjang wilayahnya.

"Setelah angin kencang berhenti, saya lihat keluar atap rumah sudah tak tersisa. Satu mobil tetangga rusak ringan tertimpa bangunan," ucapnya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT