26 November 2019, 14:00 WIB

Partai Catalonia Dukung Koalisi dengan Imbalan Pembicaraan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP/Javier Soriano
 AFP/Javier Soriano
Bendera Catalan

PARTAI separatis di wilayah Catalonia, Spanyol, memutuskan untuk mendukung pemerintah Spanyol yang baru dengan imbalan pembicaraan tentang kemerdekaan.

Sekitar 95% anggota Esquerra Republicana de Catalunya (ERC), partai sosial demokrat, mendukung langkah ini dalam pemungutan suara.

ERC sekarang bisa menjadi kingmaker bagi kaum sosialis yang gagal dalam pemilihan bulan ini. Kaum sosialis membangun koalisi dengan partai antikapitalis Podemos. Tetapi jumlah kursi gabungan mereka, 155, masih kurang dari 176 yang dibutuhkan untuk membentuk mayoritas parlemen.

Dengan 13 kursi ERC dan kemungkinan kombinasi dukungan dari partai-partai kiri atau Basque lainnya, pejabat Perdana Menteri Pedro Sanchez dapat terus menjabat sebagai pemimpin koalisi.

Baca juga: Aktivis Catalonia Blokade Jalan Spanyol-Prancis

Namun, kaum sosialis dengan tegas menentang pemberian referendum kemerdekaan, sementara mengakui Catalonia dan Negara Basque adalah negara di dalam Spanyol, bukan hanya daerah.

Republican Left of Catalonia adalah partai separatis tertua di kawasan ini. Presidennya, Oriol Junqueras, adalah salah satu pemimpin separatis yang dipenjara oleh Spanyol pada Oktober karena hasutan, atas peran mereka dalam referendum kemerdekaan ilegal pada 2017.(BBC/OL-5)

BERITA TERKAIT