26 November 2019, 09:02 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Ajak Konsumsi Buah Lokal


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa/Kementan
 Istimewa/Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo hadir dalam acara Bincang-Bincang bertepatan dengan HUT ke-19 Metro TV di Jakarta, Senin (25/11).   

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan mengonsumsi produk pertanian asal Indonesia.

Pesan tersebut disampaikan Mentan Syahrul pada bincang-bincang bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki dan staf khusus Presiden, Billy Mambrasar, pada malam puncak perayaan HUT ke-19 Metro TV di Intercontinental Hotel Pondok Indah Jakarta Selatan, Senin. (25/11)

"Indonesia kaya dengan buah lokal. Di Pasuruan, Jawa Timur ada mangga yang sekarang sedang digemari. Cara mengkonsumsinya mirip seperti kita makan pisang," kata Syahrul

Mentan menjelaskan potensi sumber daya alam yang melimpah dan menjadi modal dalam mengemban tugas besar pembangunan pertanian nasional.

"Kementerian Pertanian tidak bisa berjalan sendiri. Harus bekerja sama dengan berbagi pihak. Kementan harus bersinergi dengan Kementerian lain terutama Pemda yang mempunyai data komoditas unggulan," ujarnya.

Syahrul menuturkan bahwa memimpin itu harus visioner. Ia mencontohkan ketika dua periode sebagi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemda Sulsel harus bisa memitigasi potensi, sehingga petani mendapatkan nilai lebih berupa margin yang besar.

"Belum lama ini saya kenalkan mangga kupas seperti pisang tadi ke Mas Teten dan Kementerian Koperasi UKM. Saya berharap ada dukungan dari semua pihak untuk mengangkat buah lokal," kata Syahrul.

Menanggapi hal itu, Teten mengamini bahkan ia mengimbau untuk memprioritaskan buah-buahan lokal. "Jangan beli buah impor, beli buah lokal," ujar Teten.

Bincang-bincang tersebut merupakan rangkaian program puncak HUTke-19 Metro TV. Dalam acara tersebut hadir juga komedian, Cak Lontong, Penyanyi dan Bintang Iklan, Syahrini, serta Editor in Chief Metro TV, Arief Suditomo. (OL-09)

BERITA TERKAIT