25 November 2019, 20:53 WIB

Mendagri Sebut Ormas Buah Demokrasi


Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Tito Karnavian

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan anugerah pada organisasi masyarakat (Ormas) terbaik 2019 di Hotel Kartika Candra (25/11).

Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa keberadaan ormas sangat penting yakni sebagai salah realisasi dari kebebasan untuk berserikat dan berkumpul.

"Jadi ormas ini perannya sangat penting sekali. Karena dia adalah civil society, sekaligus realisasi dari freedom of assosiacion yang menjadi salah satu ciri khas dari demokrasi, kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, namun ormas ini harus ada batasannya," terang Tito saat ditemui usai pemberian anugerah.

Menurutnya, ormas juga wajib memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan aktivitas, di antaranya adalah harus menghargai hak asasi orang lain, menjaga ketertiban publik, mengindahkan etika dan moral, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Tito, alasan pentingnya keberadaan ormas adalah kebanyakan ormas berawal dari inisiasi masyarakat. Hal itu berperan dalam keseimbangan yang harus ada antara masyarakat dan negara.

"Karena ormas ini banyak yang bergeraknya bottom up, artinya bergeraknya dari bawah. Inisiasi dari masyarakat untuk memberikan penyeimbang pada dominasi negara," ujarnya.

Ia juga mengandaikan kalau tidak ada ormas maupun organisasi masyarakat sipil maka tidak ada keseimbangan. Kekuasaan negara bersifat mutlak dan dominan. Akibatnya, negara akan otoriter.

"Kalau tidak ada civil society, dominasi negara akan terlalu dominan. Ini akan menjadi otoritarian. Sehingga negara demokrasi perlu memiliki civil society dan ormas," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT