25 November 2019, 20:13 WIB

Anggaran Tambahan Belum Cair, Ini Penjelasan Kemenpora


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

Antara
 Antara
Petenis Indonesia berpose saat pelepasan tim tenis Indonesia untuk SEA Games 2019 di Jakarta, Jumat (22/11)

TAMBAHAN alokasi anggaran untuk memberangkatkan kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 di Filipina hingga kini belum diterima oleh National Olympic Committee of Indonesia (NOC) selaku penanggungjawab kontingen Indonesia.

Sejatinya, pihak KOI dan Kemenpora sudah menyepakati penambahan anggaran SEA Games dari Rp47 miliar menjadi Rp59 miliar melalui pengesahan MoU, Rabu (20/11).

Secara prosedural, dana tersebut baru bisa cair dari Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) lima hari setelah laporan MoU diberikan. Pihak Kemenpora pun berencana untuk mempercepat proses pencairan karena beberapa cabor bakal berangkat lebih dahulu.

Namun, hingga cabang-cabang olahraga yang bertanding terlebih dahulu, seperti polo air putra, dan polo berkuda, anggaran tersebut masih belum cair.

Menurut Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Poerwanti, secara normal anggaran tersebut akan cair dari lima hingga tujuh hari kerja.

“Untuk percepatan kami telah bersurat ke KPPN Kemenkeu agar anggaran bantuan pengiriman kontingen bisa segera cair. Kami optimis sebelum keberangkatan kontingen besar anggaran tersebut akan cair,” tutur Yuni kepada Media Indonesia, Senin (25/11).

Artinya, batas akhir anggaran tambahan dipastikan bakal cair sebelum keberangkatan kontingen besar pada Rabu, 27 November.

Di sisi lain, belum cairnya anggaran tambahan tak terlalu dipusingkan oleh Chef de Mission (CdM) Harry Warganegara. Ia mengaku akan menunggu anggaran tersebut cair tanpa ragu bakal adanya keterlambatan.

“Tunggu saja, kan kami sudah ada pengesahan MoU, jadi saya kira aman,” ujarnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT