25 November 2019, 18:26 WIB

Carrie: The Musical Mengangkat Isu Kekerasan Domestik


Fathurrozak Jek | Weekend

MI/Fathurrozak Jek
 MI/Fathurrozak Jek
Penampil lakon Carrie dari Jakarta Youth For Performance Art.

CARRIE, lakon yang diadaptasi dari buku karya Stephen King dan pernah difilmkan oleh sutradara Kimberly Pierce kini diadaptasinya menjadi cerita di panggung musikal. Jakarta Youth For Performance Art (JYAP) membawa muatan isu kekerasan domestik terhadap perempuan. Berkisah tentang seorang ibu bernama Margarete White dan anak perempuannya, Carrie White.

"Margarete mengalami marital rape oleh suaminya, dan lahir Carrie. Dari kejadian tersebut, Margarete pun menyalahkan diri sendiri, selain juga mengalami victim blaming. Karena rasa bersalah itu, Margarete menutupi realitas kehidupan kepada Carrie. Sehingga Carrie pun tumbuh dengan kondisi yang tidak ideal. Bahkan untuk mengetahui masa haid saja ia tidak tahu. Dari konflik ini, kita bisa menangkap, dari korban kekerasan bisa muncul kembali korban lain. Sehingga kami merasa perlu mengangkat isu ini dalam pentas musikal kami," tutur sutradara Aqsa Suryana, dalam konferensi pers di kantor Starvision, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, (22/11).

Dalam pentas kali ini, JYAP bekerja sama dengan LBH APIK (Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan  Indonesia untuk Keadilan). Dalam catatan LBH APIK, pada tahun ini ada sejak Januari-Oktober, ada sekitar 700 kasus kekerasan yang dialami perempuan, di Jabodetabek.

"Isu ini juga bisa menghadirkan diskusi bagi kalangan yang lebih luas lagi. Kami fokus mendampingi perempuan korban kekerasan. Pada tahun 2018, ada 863 kasus kekerasan perempuan di Jabodetabek. Tahun ini, 749 kasus. Dan kekerasan dalam rumah tangga selalu menjadi yang tertinggi," ungkap Direktur LBH APIK Jakarta Siti Mazuma pada kesempatan yang sama.

Dalam pendampingan, LBH APIK bukan saja memberi akses layanan hukum bagi penyintas. Melainkan juga pendampingan layanan psikologi. "Seni pertunjukkan bukan hanya tentang menari dan menyanyi. Bagi kami penting untuk menyoroti isu sosial yang terjadi baik di Indonesia maupun di Jakarta," lanjut Aqsa. Pentas drama musikal Carrie akan dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada 17-18 Januari 2020. (M-4)

BERITA TERKAIT