25 November 2019, 14:00 WIB

Ini Barang yang Dilarang Dibawa ke Venue SEA Games 2019


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

Twitter @SeaGames2019PH
 Twitter @SeaGames2019PH
Sejumlah relawan menyambut kedatangan kontingen Singapura di bandara Filipina

PANITIA Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (Phisgoc) dan Kepolisian Nasional Filipina telah mengumumkan kebijakan dan daftar barang-barang yang dilarang atau tidak diizinkan masuk ke seluruh lokasi SEA Games ke-30.

"Dengan lebih dari 11.000 atlet dan ofisial dari 11 negara untuk SEA Games serta ribuan lainnya yang akan menonton pertandingan itu secara langsung, kami mengadopsi langkah-langkah tambahan ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan peserta dan suporter," ujar chief operating officer PHISGOC Ramon "Tats" Suzara.

Menurut Suzara, pihak panitia harus ekstra hati-hati untuk mempertimbangkan ukuran dan ruang lingkup venue yang tersebar di pelbagai arena.

Karena sebanyak 56 cabor akan berkompetisi di beberapa titik, seperti Metro Manila, Cavite Batangas, Bulacan, Bulanga, Pampanga, La Union, dan Zambales.

Baca juga: Polo Berkuda Langsung Telan Kekalahan Perdana di SEA Games 2019

Ia pun menegaskan bahwa para penonton sudah diperingatkan terlebih dahulu untuk tidak membawa ransel karena barang tersebut tidak diizinkan berada di dalam tempat olahraga.

Kepala Kepolisian Daerah Capitol Nasional Brigjen Jenderal Debold Sinas mengatakan, sebagai ganti ransel, setiap orang akan diizinkan menggunakan satu kantong plastic, vynil, atau tas jinjing transparan yang dimensinya tidak melebihi 12 x 6 x12.

“Setiap orang akan diizinkan menggunakan tas penyimpanan dan tas freezer namun tidak boleh memakai lebih dari satu. Sementara untuk dompet kecil, termasuk tali, tidak boleh melebihi 4,5 x 6.5,” ujar Sinas.

Larangan ini akan diberlakukan saat dimulainya pertandingan SEA Games 2019 yaitu pada Senin (25/11). Setiap pertandingan yang dimulai hari Senin telah resmi wajib mengikuti peraturan tersebut. (2019seagames/OL-2)

Daftar barang yang dilarang adalah:

- Senjata dan senjata api

- Ransel

- Benda tajam

- Botol, gelas, dan kaleng

- Bahan piroteknik

- Stimulan

- Benda besar (didefinisikan sebagai benda yang terlalu besar untuk ditempatkan di bawah kursi)

- Hewan seperti binatang peliharaan

- Spanduk dan bendera besar (melebihi 31 x 5 kaki)

- Tiang bendera (yang melebihi 1 meter)

- Propaganda, termasuk bahan ideologis, rasis, dan xenophobia

- Benda yang mudah terbakar

"Kemungkinan proyektil" (panitia memasukkan peralatan olahraga di sini)

- Pointer laser

- Kamera video

- Extender kamera seperti tongkat selfie dan tripod

- Drone

= Makanan dan minuman dari luar

BERITA TERKAIT