25 November 2019, 10:15 WIB

Menhan AS Minta Kasal Mengundurkan Diri


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/TED ALJIBE
 AFP/TED ALJIBE
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper

MENTERI Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper, Minggu (24/11), meminta Kepala Staf Angkatan Laut mengundurkan diri terkait perselisihan terkait seorang anggota pasukan khusus, SEAL, yang penurunan pangkatnya dibatalkan Presiden Donald Trump.

Anggota SEAL Edward Gallagher dituding melakukan kejahatan perang namun diputuskan tidak bersalah melakukan pelanggaran yang lebih ringan.

Pada 15 November, Trump membatalkan keputusan untuk menurunkan pangkat Gallagher terkait vonis pengadilan.

Departermen Pertahanan AS menuding Kasal AS Richard Spencer secara pribadi mengatakan kepada Gedung Putih bahwa jika mereka tidak campur tangan dalam persidangan Gallagher, anggota SEAL itu akan pensiun tanpa didepak dari pasukan khusus itu.

Spencer tidak memberi tahu langkah itu kepada Menhan AS.

Baca juga: Perilaku Trump Lebih Buruk daripada Nixon

Esper kemudian meminta Spencer mengundurkan diri karena telah kehilangan kepercayaan terkait pembicaraan antara Spencer dan Gedung Putih.

Esper mengaku sangat terganggu dengan aksi Spencer tersebut/

Angkatan Laut AS tengah melakukan prosedur dengan sebuah dewan akan mencabut pin triden Gallagher dan tiga rekannya yang berarti mendepak mereka dari SEALS.

Namun, karena campur tangan Trump, komandan angkatan bersenjata AS, proses itu kini tidak jelas.

Kamis (21/1), lewat Twitter, Trump mencicit, "Angkatan Laut tidak akan mengambil pin Warfighter dan SEAL milik Eddie Gallagher." (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT