25 November 2019, 09:45 WIB

Stafsus Beri Masukan 24 Jam Sehari


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman 

APAKAH penambahan staf khusus (stafsus) membuat kerja pemerintah bisa tetap efisien, bukan malah bertolak belakang dengan kebijakan perampingan birokrasi?

Efisien dong, karena dengan jalan itu, stafsus-stafsus milenial itu kan dikhususkan untuk bidang-bidang tertentu yg tidak ada di tempat lain, dan kemudian itu bisa langsung berhubungan dengan Presiden. Jadi enggak harus melalui struktur yang lain juga. Itu cepat kok kerjanya.

 

Pembantu presiden apakah tidak terlalu banyak?

Cuma tambah 1. Dulu 13 sekarang jadi 14. Untuk wakil menteri cuma dua dan wakil panglima hanya 1.

 

Pola kerja para stafsus milenial itu hanya paruh waktu?

Tidak dong. Mereka tetap bekerja di sini kan dibantu asisten, jadi setiap hari mereka bisa ada di sini dan setiap hari juga asistennya akan selalu memantau pekerjaan mereka.

 

Bagaimana cara kerjanya?

Jadi kalau diperlukan pendapatnya oleh Pak Jokowi akan disesuaikan dengan kapasitas. Ataupun ada pertanyaan yang secara langsung terkait dengan hal-hal yang sesuai dengan kapasitas mereka, misalnya terkait disabilitas ada Angki (Angki Yudistia). Namun kan tidak tiap hari program disabilitas muncul, makanya Angki tidak perlu terlalu sering ke sini juga, tapi bisa berikan nasihat langsung ke presiden setiap 1x24 jam.  Seperti saya, saya kan kan tidak tiap hari ketemu presiden, tapi saya bisa tiap saat berikan masukan kepada presiden 1x24 jam.

 

Pembagian bidang-bidang kerja stafsus seperti apa?

Untuk hal itu kan sudah disesuaikan. Misalnya, Angki akan mengurusi tentang disabilitas. Kemudian Andi Taufan pemilik Amartha tentang fintech. Billy tentang Papua yang berkonsentrasi untuk pendidikan di sana. Jadi bekerja sesuai bidang masing-masing. Dan mereka boleh memberikan masukan kepada presiden 1x24 jam tanpa harus bertemu dengan presiden, itu sama dengan kami, tujuh stafsus yg lain. Jadi kami tidak bekerja setengah-setengah.

 

Jadi para stafus ini kerjanya akan efektif, meski stafsus ini memiliki kegiatan lain di luar agenda istana?

Iya efektif. Mereka tidak akan kerja setengah-setengah. Setiap stafsus itu boleh berikan masukan kepada presiden 1x24 jam tanpa harus bertemu tatap muka dengan presiden. Kami bekerja 1x24 jam. (Uta/P-2)

BERITA TERKAIT