25 November 2019, 07:40 WIB

Edukasi Investasi dan Bisnis untuk Komunitas


(Dro/S-3) | Ekonomi

Dok.Pinvest
 Dok.Pinvest
 peluncuran Pinvest

BANYAK generasi muda yang ingin terlibat dan berkecimpung di dunia investasi maupun teknologi. Sayangnya, saat ini segala informasi terkait dengan kedua hal tersebut hanya berfokus pada produk semata.

Berkaca dari kebutuhan itu, CO & Co-Founder Pinvest, Imbang Putra Pinilih, membuat wadah berkumpulnya berbagai komunitas bisnis dan teknologi dalam satu platform digital. Tujuannya memberikan berbagai informasi dan edukasi terkait dengan investasi dan teknologi.

Pinvest memiliki arti pintar investasi, bisnis, dan teknologi. Kehadirannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai investasi, seperti produk aset finansial, aset riil, waralaba, dan dana pensiun. "Kami melihat potensi dunia investasi dan bisnis itu sangat banyak. Begitu banyak produk aset finansial dari saham hingga reksadana, tetapi banyak yang tidak mengetahuinya," terang Imbang dalam peluncuran Pinvest, di Jakarta, pekan lalu.

Bahkan, lanjutnya, orang yang menjual produk itu lebih mengarah pada keunggulan semata tanpa menjelaskan risiko. Karenanya, Pinvest berupaya memberikan informasi tepat dan akurat kepada setiap individu agar dapat membuat pilihan bijak dalam berinvestasi.

Menurut survei Otoritas Jasa Keuangan pada 2014, literasi yang baik untuk investasi pasar modal saja sebesar 3,79% dari total populasi penduduk. "Jika dibandingkan dengan ragam produk investasi di negara maju, produk yang ada di Indonesia sebetulnya masih belum bervariatif," ungkapnya.

Ia mengakui pihaknya tidak menjual produk apa pun, kecuali hanya ingin mengedukasi masyarakat. Ia pun menyasar komunitas karena Indonesia memiliki kultur berkumpul yang sangat kuat.

Hal tersebut kemudian digabungkan dalam platform Pinvest untuk memberikan ruang berbagi bagi publik untuk edukasi investasi, sekaligus mengembangkan jaringan bisnis. Untuk pengembangan jaringan bisnis, saat ini seluruh pengunjung situs dapat memperoleh informasi mengenai berbagai macam perusahaan maupun bisnis di kanal PiCircle.

Namun, nanti kanal itu hanya terbatas bagi PiMember atau anggota. PiCircle juga bertujuan menjadi direktori bisnis dan wadah business matching untuk para PiMember.

Khusus PiMember juga diberikan kelebihan yang dapat memiliki akses untuk menikmati kanal PiSession. Kanal ini memiliki program yang dijadwalkan secara berkala untuk berinteraksi secara langsung via Pinvest layaknya webinar dengan para praktisi di bidangnya. (Dro/S-3)

BERITA TERKAIT