24 November 2019, 16:36 WIB

Peneliti LIPI : PNS Fungsional Bisa Kerja dari Luar Kantor


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/ Susanto
 MI/ Susanto
Siti Zuhro

PENELITI Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai skema kerja pegawai negeri sipil (PNS) tidak harus ke kantor memungkinkan dilakukan untuk pegawai fungsional. Mereka bisa diberikan keleluasaan untuk menjalankan tugasnya.

“Tetapi untuk struktural, berhubungan dengan birokrasi dan masyarakat memberikan pelayanan publik tidak bisa. Untuk fungsional memungkinkan. Misalnya kaya saya peneliti, tidak harus ke kantor, dia kerja di lapangan,” kata Siti di Jakarta, Minggu (24/11).

Meski demikian, tandasnya, harus ada batasan yang bisa mengatur skema kerja itu agar bisa efektif. Selain itu, PNS yang kerja tidak harus ke kantor tetap harus terukur kinerjanya dengan target kerja yang jelas.

“Jadi ada keleluasaan PNS fungsional yang bekerja profesional. Tentu harus ada report,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mulai menguji coba fleksibilitas kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa perlu bekerja di kantor per 1 Januari 2020.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, setidaknya uji coba bakal dilakukan oleh 1.000 ASN di lingkungan Bappenas.

"Ya mudah-mudahan 1 Januari 2020 bisa kita laksanakan," kata Suharso di Gedung DPR RI, Jakarta beberapa waktu lalu.

Suharso mengemukakan masa depan perkantoran pemerintah akan diselenggarakan dengan konsep smart office, layaknya perusahaan startup. Konsep ini diusung untuk menyesuaikan dengan pola hidup modern. (OL-8)

BERITA TERKAIT