24 November 2019, 16:20 WIB

Kirim Empat Atlet, Triatlon Ingin Pecah Telur di SEA Games 2019


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

 ANTARA FOTO/INASGOC/Muhammad Adimaja/nz/18
  ANTARA FOTO/INASGOC/Muhammad Adimaja/nz/18
TRIATHLON CAMPURAN: Tim Indonesia Jauhari johan (kiri), Eva Desiana (kedua kiri), Asihta Aulia Azzahra (ketiga kiri) dan Andi Gumilang Lawel

TIM triatlon Indonesia akan mengirimkan empat atlet terbaiknya untuk menjadi yang terbaik di SEA Games 2019. Gabungan atlet senior dan junior dipilih supaya triatlon Indonesia bisa pecah telur untuk meraih emas di Filipina.

Indonesia sendiri akan menurunkan dua atlet senior, Jauhari Johan, Eva Desiana, dan dua junior, Ahlul Firman, dan Nethavani Octarina. SEA Games 2019 juga menjadi ajang pembuktian mereka agar bisa menembus Olimpiade 2024 di Paris.

"Berdasarkan data yang ada, Johan dan Eva berpeluang meraih medali emas dan perak di nomor duathlon. Di triatlon, Ahlul dan Nethavani berpulang raih perak," ujar Manajer Tim Triatlon, Akbar Nasution.

Ia pun menargetkan medali perak di nomor mixed relay. Kombinasi Johan yang kenyang pengalaman dan Nethavani yang baru pertama kali ikut SEA Games diharapkan bisa menjadi yang tercepat.

"Kami optimistis adanya dua atlet muda ini akan menjadi langkah baik buat regenerasi triatlon dan tentu untuk persiapan Indonesia di Olimpiade 2024, karena hasil maksimal di SEA Games akan menambah poin individu bagi para atlet," tutur Akbar.


Baca juga: Ginting Masuk Skuad SEA Games 2019


Ketua Umum Federasi Triatlon Indonesia (FTI), Joko Warsito, optimistis jika timnya bisa meraih hasil maksimal dalam pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu. Pasalnya, Joko mengaku telah memilah lawan-lawan kuat di sana sehingga kesempatan Johan dkk untuk meraih medali cukup besar.

"Lawan terkuat kami itu Filipina. Tapi kami unggul di nomor duathlon, terutama di nomor putra. Jadi, saya harap Johan bisa meraih medali emas pertama untuk triatlon di SEA Games," ucapnya.

Sementara itu, Ahlul yang turun di nomor triatlon pada Asian Games 2018 silam, mengaku yakin bisa membawa pulang medali dari Filipina.

"Persiapan saya jauh lebih matang. Saya memang menargetkan untuk meraih medali di SEA Games nanti," ucapnya saat ditemui di Stadion GBK, Minggu (24/11). (OL-1)

BERITA TERKAIT