24 November 2019, 11:23 WIB

Paus Fransiskus: Senjata Nuklir bukan Jawaban


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Kazuhiro NOGI
 AFP/Kazuhiro NOGI
Paus Fransiskus di Nagasaki

PAUS Fransiskus mengecam penggunaan senjata nuklir dan meningkatnya perdagangan senjata saat mengenang kengerian yang dialami pada korban serangan bom nuklir di Nagasaki, Jepang, Sabtu (23/11).

Dalam lawanan simbolis ke kota yang hancur akibat serangan nuklir pada Agustus 1945 itu, Paus mengatakan senjata nuklir bukanlah jawaban untuk menciptakan keamanan, perdamaian, dan stabilitas.

Sedikitnya 74 ribu orang tewas dalam serangan bom atom terhadap kota di barat Jepang itu, tiga hari setelah bom atom dijatuhkan di Kota Hiroshima dan menewaskan 140 ribu orang.

Baca juga: Paus Sapa Pemuda Thailand

"Tempat ini membuat kita menyadari kesedihan dan kegerian yang bisa kita sebagai manusia berikan kepada manusian lainnya," ujar Paus Fransiskus.

Ratusan orang mengenakan jas hujan menunggu di bawah hujan untuk mendengarkan pidato Paus Fransiskus yang dilakukan di samping foto seorang anak yang menggendong saudaranya yang telah tewas selepas serangan bom nuklir di Nagasaki.

Hari ini, Paus Fransiskus dijadawlkan berkunjung ke Hiroshima dan bertemu dengan para penyintas serangan bom nuklir di Monumen Perdamaian di kota itu. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT