23 November 2019, 18:25 WIB

10 Anggota Satpol PP Pembobol Bank DKI Dipecat


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Dok.MI
 Dok.MI
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta Saefullah

BANK DKI diduga kecurian uang hingga Rp50 miliar yang dilakukan oleh oknum Satpol PP DKI. Hal itu didapat berdasarkan penyelidikan awal yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

Kasus kecurian uang ini bermula dari diketahuinya perbuatan 12 oknum Satpol PP yang terus-menerus melakukan pengambilan uang begitu mengetahui saldo tidak berkurang saat pengambilan yang pertama.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah pun menyebut kejadian ini sebagai peringatan keras bagi Bank DKI. Ia pun minta agar Bank DKI membenahi sistemnya agar peristiwa ini tidak terulang.

"Itu peringatan keras. Mereka harus perbaiki," kata Saefullah di Balai Kota, Jumat (22/11).

Sementara itu ia menegaskan dari sebanyak 12 oknum Satpol PP yang melakukan pencurian tersebut 10 di antaranya merupakan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang sudah dipecat. Sementara untuk dua orang lainnya yang berstatus PNS telah dinonaktifkan sementara.

"Yang 10 sudah kita pecat. Untuk dua lagi PNS dia hanya dinonaktifkan sementara," kata Saefullah.

Sebelumnya, 12 oknum Satpol PP melakukan pencurian uang dari rekening Bank DKI. Awalnya menurut Kepala Satpol PP DKI Arifin beberapa orang oknum Satpol PP tersebut mengambil uang di ATM Bersama namun saldo tidak berkurang.

Mengetahui hal itu, pengambilan uang pun terus-menerus dilakukan. Hal itu telah terjadi sejak Mei hingga Agustus lalu. Atas kejadian itu, Bank DKI pun melapor ke Polda Metro Jaya.(OL-4)

BERITA TERKAIT