23 November 2019, 17:00 WIB

Pemkab Muba Gandeng ITB Bangun Pabrik Kelapa Sawit


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Muba siap bangun pabrik kelapa sawit

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasi (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel) gandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun pabrik kelapa sawit.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengatakan, Pemkab Muba menargetkan pada awal 2021 pengoperasian pabrik IPO berjalan dan tahun 2022 pabrik CPO juga akan berjalan.

"Kita komitmen pada kesejahteraan petani kelapa sawit. Karenanya kita pengerjaan pabrik IPO dan CPO di Muba. Ini sekaligus menjadi
proyek industri percontohan," katanya, di Palembang, Sabtu (23/11).

Ditambahkan Sekda Muba, Apriyadi, Pemkab Muba optimistis realisasi proyek industri pabri IPO dan CPO ini akan mengangkat kesejahteraan petani di Muba dan jalan keluar dari keterpurukan harga sawit yang selama ini anjlok.

"Pemkab Muba akan support total, tentu proyek ini tidak mudah namun kita optimis upaya dari realisasi pembangunan pabrik IPO dan CPO di Muba ini akan menjadi jalan keluar dari titik lemahnya anjlok harga sawit di kalangan petani rakyat," kata dia.

Apriyadi menjelaskan, meskipun membutuhkan nilai investasi yang besar dalam realisasi pembangunan pabrik IPO dan CPO di Muba namun bukan menjadi persoalan serius. "Pasalnya proyek ini telah mendapatkan dukungan beberapa Kementerian terkait dan yang paling penting ini merupakan harapan dari Presiden RI Joko Widodo," tegasnya.

Tim Pembangunan Pabrik Industri Palm Oil dan Crude Palm Oil (IPO-CPO), IGBN Makertihartha mengungkapkan, realisasi pembangunan pabrik IPO dan CPO di Muba yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza sudah sangat tepat dilakukan dan dapat menjadi proyek industri percontohan di Indonesia.

"Proyek ini juga sangat selaras dengan misi Presiden RI Joko Widodo, selain mendorong peningkatan kesejahteraan petani sawit, realisasi pembangunan pabrik IPO dan CPO di Muba ini juga akan menjadi pilot project di Indonesia," ungkapnya. (OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT