23 November 2019, 06:00 WIB

Menguji Konsentrasi the Reds


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

Dok. MI
 Dok. MI
Jadwal pertandingan Liga Primer.

KANDIDAT juara Liga Primer Inggris Liverpool memasuki jejalan laga padat dan memulai dengan melawat ke markas Crystal Palace di Selhurst Park, malam ini.  

Hal itu yang membuat pasukan Juergen Klopp diminta konsentrasi penuh di Liga Primer dan men­ge­sampingkan empat kompetisi lain yang mereka ikuti, yakni Piala Liga Inggris dan Piala FA, serta ajang Liga Champions Eropa, serta Piala Dunia Antarklub.

Deretan kompetisi yang membuat the Reds harus melakoni 13 laga sepanjang 41 hari dimulai dari lawatan ke markas Crystal Palace.

Fokus ke Liga Primer menjadi pilihan karena pemuja the Anfield Gank sudah menunggu 30 tahun untuk bisa memenangi trofi ke-19. Konsentrasi yang kurang fokus mengingatkan kegagalan pada 2014 silam ketika the Reds yang ditukangi Brendan Rodgers hanya selisih satu poin dari juara yang direngkuh Manchester City.  

Hal itu diungkapkan legenda Li­verpool, Jamie Carragher. Apalagi, kini the Reds sudah unggul delapan poin atas posisi kedua, Leicester City, serta berjarak 9 angka dari juara bertahan Manchester City.

Klopp pun kini percaya dengan kekuatan mental pemain asuh-annya. Apalagi, mereka belum terkalahkan musim ini dan hanya kehilangan dua poin ketika ditahan imbang Manchester United 1-1, Oktober lalu.

Kapten tim Jordan Henderson mengakui kekuatan mental rekan-rekan setim menghadapi persaingan yang kian ketat. Namun, keyakinan tetap tinggi untuk bisa kembali menangguk angka penuh atas Crystal Palace.

Meski di atas angin, Liverpool tak bisa menurunkan Mohamed Salah dan Andy Robertson yang masih cedera sejak awal November. Beruntung mereka kedatangan Joe Gomez dan Jordan Henderson, yang sama-sama mengundurkan diri dari pertandingan Inggris di Kosovo akhir pekan lalu, dan diperkirakan fit.

Sementara itu, laga keras tersaji di Stadion Etihad, Manchester City menjamu Chelsea. Ini menjadi penampilan pertama pelatih Chelsea Frank Lampard di Etihad, tim yang pernah dia bela.
City yang ditukangi Pep Guardiola berusaha bangkit setelah kekalahan 1-3 dari Liverpool. Namun, Chelsea bukan lawan mudah karena bersama Lampard mereka telah mengoleksi enam kemenangan beruntun di ajang Liga Primer. (AFP/R-2)

BERITA TERKAIT