23 November 2019, 03:15 WIB

Spotify Siapkan Ajang Penghargaan Musik


Irana Shalindra | Weekend

AFP/EMMANUEL DUNAND (STF)
 AFP/EMMANUEL DUNAND (STF)
Spotify siapkan ajang penghargaan musik yang akan dihelat pada Maret 2020.

Spotify telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan program penghargaan musik perdananya. Para pemenang sepenuhnya didasarkan pada konten yang dikonsumsi pengguna platform musik tersebut.

"Permainan, pola, dan kebiasaan Anda akan membantu menentukan kategori penghargaan, finalis, dan pemenang, untuk Spotify Awards dengan memberikan refleksi sejati dari apa yang didengar penggemar," kata perusahaan itu saat memberikan pernyataan, Jumat (22/11).

"Anda bisa bersemangat untuk upacara penghargaan yang benar-benar berkorelasi dengan apa yang orang-orang streaming."

Penghargaan ini pada dasarnya merupakan versi in-house dari Billboard Music Awards yang menempatkan sebagian besar finalis dan pemenang berdasar pada data penjualan, streaming, dan keterlibatan pengguna.

Sejauh ini, penghargaan lain yang bergengsi di bidang musik ialah Grammy Awards, dan American Music Awards, yang ditentukan oleh polling penggemar terbuka.

Tujuan Spotify Awards cukup transparan: Perusahaan ingin mendorong penggemar untuk memilih dengan telinga mereka, dengan menyimak streaming musik oleh artis favorit mereka sesering mungkin di platform berlogo hijau bulan tersebut. "Simpan tanggal - dan dapatkan streaming," kata Spotify dalam pengumuman.

Penghargaan Spotify kali pertama itu rencananya akan diadakan Maret depan di Mexico City. Streamer telah bekerja sama dengan divisi Turner Amerika Latin WarnerMedia untuk menyiarkan langsung pertunjukan tersebut, pada 5 Maret 2020, di seluruh TNT di semua negara berbahasa Spanyol di wilayah tersebut.

Menurut Spotify, Mexico City adalah pasar tunggal terbesarnya, dengan lebih banyak pendengar daripada wilayah metro utama lainnya termasuk New York City, L.A., London, dan Paris. Spotify pertama kali diluncurkan di Meksiko pada 2013.

Selama kuartal ketiga 2019, total pengguna aktif bulanan Spotify tumbuh 30% menjadi 248 juta. Perusahaan mengalahkan ekspektasi pada pertumbuhan pelanggan berbayar --naik 31% dari tahun ke tahun-- menjadi 113 juta pada akhir periode. (Variety/M-2)

BERITA TERKAIT